Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wilder Penfield, Ahli Bedah Otak Hiasi Google Doodle Hari Ini

Seorang pria berkepala plontos, dan gambar otak menghiasi google doodle hari ini.
Wilder Penfield/google
Wilder Penfield/google

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang pria berkepala plontos, dan gambar otak menghiasi google doodle hari ini.

Karakter ini muncul untuk memperingati hari ulang tahun ke 127 Google Wilder Penfield. Dalam gambar bergerak itu, tampak wajah plontos Penfield yang dihubungkan dengan gambaran otak di sampingnya.

Wilder Graves Penfield OM CC CMG FRS lahir pada 26 Januari 1891 dan meninggal dunia pada  5 April 1976. Dia adalah seorang ahli bedah saraf perintis Amerika Kanada.

Ia memperluas metode dan teknik operasi otak , termasuk pemetaan fungsi berbagai daerah otak seperti homunculus kortikal . Kontribusi ilmiahnya pada stimulasi saraf berkembang di berbagai topik termasuk halusinasi , ilusi , dan déjà vu .

Penfield mencurahkan banyak pemikirannya pada proses mental , termasuk kontemplasi apakah ada dasar ilmiah untuk keberadaan jiwa manusia.

Penfield adalah peneliti yang hebat dan ahli bedah asli. Dengan rekannya Herbert Jasper , dia menemukan prosedur Montreal di mana dia merawat pasien dengan epilepsi parah dengan menghancurkan sel-sel saraf di otak tempat kejang itu berasal.

Sebelum beroperasi, dia merangsang otak dengan probe listrik sementara pasien sadar di meja operasi (hanya dengan anestesi lokal ), dan mengamati respons mereka. Dengan cara ini, dia bisa secara lebih tepat menargetkan area otak yang bertanggung jawab, mengurangi efek samping operasi.

Kontribusi ilmiah Penfield melewati somatosensori dan korteks motorik , kerja kerasnya untuk fungsi otak juga mencakup pembuatan fungsi korteks parietal dan temporal.

Dari 520 pasiennya, 40 melaporkan bahwa sementara lobus temporal mereka dirangsang dengan elektroda, mereka akan mengingat mimpi, bau, halusinasi visual dan pendengaran , serta pengalaman di luar tubuh .

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper