Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Libur Akhir Tahun, Penumpang PT KAI Daop 4 Naik 9,4%

umlah penumpang kereta api di libur natal dan tahun baru terus mengalami peningkatan, ini juga terjadi pada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (DAOP) 4 Semarang.

Kabar24.com, SEMARANG - Jumlah penumpang kereta api di libur natal dan tahun baru terus mengalami peningkatan, ini juga terjadi pada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (DAOP) 4 Semarang. Dimana jumlah penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan kereta meningkat 9,4%.

Executive Vice President PT KAI DAOP 4 Semarang Wiwik Widayanti menjelaskan, selama 17 hari masa juumlah penumpang kereta api dari Jawa Tengah selama masa liburan Natal dan Tahun Baru tahun ini mencapai 360.690 jiwa.ketimbang kondisi yang sama pada tahun lalu masih berkutat pada angka 329.847 jiwa.

Wiwik menyatakan kenaikan penumpang yang signifikan terjadi di Stasiun Semarang Poncol sebanyak 108.284 jiwa atau sebesar 30%.

Selanjutnya, kata Wiwik untuk penumpang kereta yang berangkat dari Stasiun Semarang Tawang ada 88.845 jiwa atau sebesar 25%.

Lalu, ada 58.565 penumpang kereta atau 16% berangkat dari Stasiun Tegal, 40.315 penumpang kereta atau 11% berangkat dari Stasiun Pekalongan serta masih ada sebanyak 64.641 penumpang kereta yang berangkat dari sejumlah stasiun lainnya.

"Secara keseluruhan, jumlahnya mengalami peningkatan 9,4% jika dibanding tahun lalu saat Natal dan Tahun Baru hanya 329.847 jiwa," ungkapnya, Senin (8/1/2018).

Ia mengaku bersyukur lantaran saat momentum Natal dan Tahun Baru 2018 perjalanan kereta berlangsung lancar dan aman.

KAI, menurut Wiwik sebelumnya menyiapkan 74 perjalanan kereta mulai dari kereta jarak jauh reguler ada 48 perjalanan, kereta jarak pendek dengan gerbong tambahan ada 12 perjalanan serta 14 perjalanan kereta lokal.

Wiwik menambahkan puncak lonjakan keberangkatan penumpang terjadi pada 1 Januari kemarin. Jumlah penumpang keretanya mencapai 25.314 jiwa. Untuk puncak lonjakan kedatangan penumpangnya pada 23 Desember 2017 sebanyak 24.368 jiwa.

"Kami telah mengakhiri masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 pada 7 Januari kemarin. Sejauh ini, tidak ada gangguan kecelakaan dalam perjalanan kereta dari maupun menuju stasiun-stasiun yang ada di Jawa Tengah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper