Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buat Film Tentang Tibet, Sineas Ini Kabur ke AS

Sineas Tibet yang dipenjara di China karena memproduksi film tentang Olimpiade dan Tibet melarikan diri dari Negeri Tirai Bambu ke AS. Dhondup Wangchen dipenjara selama 6 tahun karena membuat film dokumenter di mana masyarakat Tibet memuji Dalai Lama dan mengeluhkan bagaimana kebudayaan mereka diganggu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Desember 2017  |  10:00 WIB
Buat Film Tentang Tibet, Sineas Ini Kabur ke AS
Dalai Lama - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sineas Tibet yang dipenjara di China karena memproduksi film tentang Olimpiade dan Tibet melarikan diri dari Negeri Tirai Bambu ke AS.

Dhondup Wangchen dijatuhi hukuman penjara selama 6 tahun pada akhir 2009 karena membuat film dokumenter di mana masyarakat Tibet memuji Dalai Lama dan mengeluhkan bagaimana kebudayaan mereka diganggu. Film berjudul "Leaving Fear Behind" itu menampilkan sejumlah wawancara dengan penduduk Tibet yang berbicara mengenai kecintaan mereka terhadap Dalai Lama dan opini mereka tentang Olimpiade Beijing 2008 yang tidak banyak berpengaruh terhadap kehidupan mereka.

Reuters melansir Kamis (28/12/2017), film itu diperlihatkan kepada kelompok kecil wartawan asing di Beijing ketika Olimpiade 2008 berlangsung.

Dalam pernyataan resmi, kelompok aktivis Filming for Tibet yang mengampanyekan pembebasannya menyatakan Wangchen telah sampai di San Francisco pada Rabu (27/12). "Setelah sekian lama, ini pertama kalinya saya merasakan keamanan dan kebebasan," ujarnya.

Meski menyampaikan kebahagiannya karena mampu berkumpul kembali dengan istri dan anaknya, Wangchen merasa sedih karena mesti meninggalkan Tibet.

Wangchen bebas pada Juni 2014 dan tinggal di Xining, Qinghai, China tapi berada dalam pengawasan ketat. Segala pergerakan dan komunikasinya diawasi.

Kementerian Luar Negeri China belum memberikan komentar tentang hal ini, demikian juga dengan kepolisian Xining dan Pemerintah Provinsi Qinghai.

Qinghai, yang berada di perbatasan dengan Tibet, memiliki populasi Tibet yang besar dan merupakan tempat lahir Dalai Lama. Sebelum Olimpiade 2008 digelar, banyak protes menentang kebijakan China di wilayah Tibet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tibet

Sumber : Reuters

Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top