Pengamanan Misa Natal, Anjing Pelacak Dilibatkan Sterilisasi di Katedral Jakarta

Satu unit tim penjinak bom (Jibom) dari Polda Metro Jaya melakukan sterilisasi jelang misa pertama sore nanti di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat.
Rayful Mudassir | 24 Desember 2017 14:55 WIB
Umat Kristiani melintas di area Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (23/6). Gereja Katedral mengubah jadwal misa Minggu pagi yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri menjadi lebih siang guna menghormati umat Muslim yang akan melaksanakan Salat Idulfitri. ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Kabar24.com, JAKARTA - Satu unit tim penjinak bom (Jibom) dari Polda Metro Jaya melakukan sterilisasi jelang misa pertama sore nanti di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Petugas berseragam lengkap memasuki lingkungan gereja sekitar pukul 13.15 WIB. Sebagian dari mereka membawa pendeteksi metal, sisanya menggunakan kaca pemantul dan anjing pelacak.

Pantauan Bisnis.com, personel kepolisian menyisir setiap sudut dan kursi yang ada di lingkungan gereja. Hal ini untuk mencari adanya benda-benda mencurigakan yang dapat mengganggu jalannya misa.

Kapolsek Sawah Besar, Kompol Eka Siraath mengatakan pihak kepolisian melakukan sterilisasi ke semua lokasi di katedral, termasuk gedung utama gereja, aula belakang hingga sekitar patung Bunda Maria.

"Semua telah telah dilakukan sterilisasi terlebih dulu," kata Kompol Eka di gereja Katedral, Minggu (24/12/2017).

Sementara itu pengamanan juga dilakukan pada pintu masuk. Sejumlah petugas telah disiagakan untuk memeriksa setiap jemaat yang akan masuk ke lingkungan gereja. Polisi mendirikan dua metal detektor di pintu masuk.

"Kantong parkir telah disiapkan yakni di Istiqlal. Kalau tidak cukup akan dialihkan di seputar lapangan banteng dan pasar baru. Situasi masih kondusif sejak malam tadi sebelum kegiatan mingguan pagi tadi," ujarnya.

Tag : misa natal
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top