‘Bu Susi Jadi Wapres Saja’

Duo komedian Sentilan dan Sentilun bergurau soal Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi wakil presiden.
JIBI | 18 Desember 2017 12:27 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (kanan) bersama Wakil Gubernur DI Yogyakarta KGPAA Paku Alam X (kiri) memberikan pemaparan saat diskusi publik, di Jogja Expo Centre, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (15/12). - ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Kabar24.com, JAKARTA - Duo komedian Sentilan dan Sentilun bergurau soal Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi wakil presiden.

Gurauan itu bermula saat dua karakter yang dimainkan oleh Slamet Rahardjo dan Butet Kertaredjasa itu memuji Susi yang mereka anggap berani menindak tegas pelaku kejahatan di sektor kelautan dan perikanan.

Sentilan Sentilun awalnya meminta Susi menyiapkan penggantinya sebagai menteri demi menjamin pilar keberlanjutan dalam pengelolaan kelautan dan perikanan Indonesia.

Mereka beralasan pergantian pejabat di Indonesia jamak diikuti perubahan kebijakan, sehingga kebijakan yang ada sebelumnya tidak berlanjut.

“Nanti untuk sustainable program, ibu harus cari dari sekarang pengganti ibu,” kata Sentilan dalam acara Pentas Budaya Bahari di silang timur Monas, Minggu (17/12/2017).

Menanggapi guyonan tersebut, Susi menjawab bahwa yang mengangkat dan memberhentikan menteri adalah presiden, bukan dirinya atau siapa pun selain presiden.

“Masak saya nyuruh orang menggantikan saya begitu, ya ndak boleh,” jawab Susi.

Sentilun mengatakan kalau bisa Susi tidak usah diganti saja. Namun, sesaat kemudian dia berujar agar Susi menjadi wakil presiden saja.

“Masalah nanti enggak jadi menteri, ke atas jadi wakil presiden aja,” kata Sentilun yang disambut tepuk tangan dan sorakan penonton.

Nama Susi memang disebut-sebut berpotensi menjadi bakal calon presiden berpasangan dengan Joko Widodo pada pemilihan umum 2019.

Dalam survei Poltracking Indonesia yang dirilis jelang akhir November lalu, misalnya, nama Susi dipilih oleh 3,5 persen responden sebagai kandidat calon wakil presiden untuk Jokowi.

Survei yang sama juga mencatat bahwa Susi mendapat respons paling baik dari responden. Sebanyak 26,8 persen responden menganggap kinerja Susi paling baik di antara menteri atau pejabat setingkat menteri lainnya.

Susi juga menjadi menteri terfavorit yang dipilih oleh 26,1 persen responden.

Menteri Susi Pudjiastuti memilih diam mendengar pernyataan soal wakil presiden itu. Namun, Susi kemudian menanggapi soal dirinya yang dianggap berani.

“Kalau presidennya berani, menterinya juga berani,” ujar Susi.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Susi Pudjiastuti

Sumber : Tempo

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top