BMKG: Ciamis dan Tasikmalaya Siaga Tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyarankan kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk memperhatikan melakukan evakuasi untuk daerah siaga Tsunami.
Novita Sari Simamora | 16 Desember 2017 01:04 WIB
Ilustrasi gemoa - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyarankan kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk memperhatikan  melakukan evakuasi untuk daerah siaga Tsunami.

Pada pukul 23.53 WIB, Jumat (15/12/2017), BMKG telah mengeluarkan peringatan dini-1. BMKG juga telah melakukan pemetaan terhadap 9 daerah yang berpotensi tsunami.

BMKG mencatatkan potensi tsunami terjadi di wilayah Jawa Barat yakni Ciamis dan Tasikmalaya, dengan status siaga. Lalu, status waspada ada di daerah Cianjur Sindangbarang dan Garut.

Selain itu, daerah yang  dalam status waspada yakni Yogyakarta ada di Bantul dan Kulon Progo, serta Jawa Tengah ada di Cilacap dan Kebumen. BMKG menegaskan, agar pemerintah daerah memperhatikan dan segara mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Adapun magnitudo gempa mencapai 7,3SR di kedalaman 105 km. Gempa ini terjadi di 74 km Barat Daya Kawalu, 76 km Barat Daya Singaparna, 79 km Barat Daya Cibeureum dan 85 km Barat Daya Ciamis.

Berpotensi Terjadi Tsunami di wilayah:

Provinsi

Lokasi`

Status

Jawa Barat

Ciamis

Tasikmalaya

Cianjur Sindabarang

Garut

Siaga

Siaga

Waspada

Waspada

Yogyakarta

Bantul

Kulon-Progo

Waspada

Waspada

Jawa Tengah

Cilacap

Kebumen

Waspada

Waspada

Sumber: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

 

Tag : gempa, bmkg, tsunami, ciamis
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top