Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Badan Siber dan Sandi Negara Diresmikan Bulan Ini

Pemerintah bakal meresmikan pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada bulan ini setelah struktur organisasi dan tugas BSSN telah rampung dibahas.
 Menko Polhukam Wiranto (kiri)/ANTARA-Rosa Panggabean
Menko Polhukam Wiranto (kiri)/ANTARA-Rosa Panggabean

Kabar24.com, JAKARTA--Pemerintah bakal meresmikan pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada bulan ini setelah struktur organisasi dan tugas BSSN telah rampung dibahas.

“BSSN bulan ini akan kami resmikan. Sudah selesai dan tuntas pembahasan organisasi, tugas pokok, pembahasan mengenai cakupan-cakupan yang dilakukan,” ujar Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam) dalam keterangan resmi, Kamis (19/10/2017).

Menurutnya, BSSN bakal melindungi serta memayungi seluruh kegiatan siber dari kementerian/ lembaga seperti pertahana siber di Kementerian Pertahanan, intelijen siber di Badan Intelijen Negara (BIN), satuan siber TNI.

Wiranto menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui pendirian BSSN dan telah menerbitkan Peraturan Presiden (Pepres)No.53/2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara.

BSSN jelasnya, merupakan peleburan dari dua institusi yaitu Lembaga Sandi Negara dan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Presiden minta supaya jangan memubazirkan organisasi yang sudah ada, sehingga sebagai embrionya adalah kami tunjuk lembaga sandi negara yang di-update [perbarui] menjadi BSSN,” tambahnya.

Adapun struktur organisasi BSSN berdasarkan perpres, terdiri dari Kepala, Sekretariat Utama, Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi, Deputi Bidang Proteksi, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan, serta Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian.

BSSN dikoordinasikan oleh menteri yang menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian penyelenggaraan pemerintahan di bidang politik, hukum, dan keamanan.

BSSN ini mempunyai tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper