Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri PANRB: Yang Menjanjikan Bantu Kelulusan CPNS, Jelas Penipu!

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi meminta kepada para peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil untuk percaya kepada kemampuan diri sendiri dalam melewati tahap demi tahap seleksi CPNS Tahun 2017 yang saat ini sedang berlangsung.
Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengikuti pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7)./Antara-Widodo S. Jusuf
Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengikuti pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7)./Antara-Widodo S. Jusuf

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi meminta kepada para peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil untuk percaya kepada kemampuan diri sendiri dalam melewati tahap demi tahap seleksi CPNS Tahun 2017 yang saat ini sedang berlangsung.

"Yang bisa bantu itu hanya kemampuan diri. Tes ini terbuka, kalau ada yang mengatasnamakan seolah-olah bisa membantu menjamin kelulusan, jelas dia itu penipu. Jadi, jangan lagi percaya calo," kata Menteri PANRB, Asman Abnur saat meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau Tes Kompetensi Dasar (SKD/TKD) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dan Kementerian Pertanian di Kantor Regional III BKN Bandung, Senin (16/10/2017), sebagaimana dinyatakan dalam rilis yang diterima Bisnis.

Saat melakukan peninjauan tersebut, Menpan memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta tes. "Kerjakan soal dengan sungguh-sungguh agar hasil yang diperoleh juga baik dan tidak lupa berdoa sebelum mengerjakan soal," ujarnya.

Dia meminta kepada para peserta tes CPNS agar tidak memakai jasa joki dan tak percaya calo. Sebab, yang bisa membantu peserta tes lulus CPNS hanya kemampuan diri sendiri.

Dalalm kesempatan terpisah, Kabag Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi mengingatkan SKD dengan Computer Assisted Test (CAT) bagi pelamar Kementerian PANRB mulai digelar besok, Selasa (17/10). Namun sesuai dengan jadwal  yang telah ditetapkan, belum seluruh 19 titik tempat pelaksanaan tes CPNS.

"Besok pagi hanya ada enam daerah yang sudah melaksanakan tes yakni Nusa Tenggara Barat (NTB) (di UPT BKN Mataram), Gorontalo (UPT BKN Gorontalo), Banten (UPT BKN Serang), Bali Kanreg BKN X Denpasar), Kalimantan Selatan (Kanreg BKN VIII Banjarmasin), dan Sumatra Utara (Kanreg BKN Medan)," katanya.

Dia mengemukakan pelaksanaan SKD CPNS Kementerian PANRB bersamaan dengan instansi lain, karena jumlah peserta di tiap-tiap daerah tidak banyak. “Terbanyak pesertanya ada di Jakarta yakni 39 orang yang pelaksanaannya di BKN Pusat Jakarta pada 21 Oktober".

Selain Jakarta, paparnya, peserta SKD yang jumlahnya lebih dari 10 orang ada di Jawa Barat (11 orang), Jawa Timur (10 orang) dan DIY (17 orang). Untuk daerah lain, pesertanya paling banyak 5 orang, bahkan sebagian besar pesertanya hanya satu orang.  

Dari hasil seleksi administrasi, Kementerian PANRB hanya meloloskan 108 pelamar untuk dapat mengikuti SKD untuk mengisi 91 formasi CPNS yang dibuka.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper