Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatan Teknologi Informasi, Universitas Indonesia - Victoria University Jalin Kerja Sama

Dalam rangka pengenalan program e-goverment, Universitas Indonesia menjalin kerja sama dengan Victoria University of Wellington, New Zealand untuk Pasca Sarjana yang pertama di Asia Pasifik.
Kampus Universitas Indonesia (UI)/wikipedia
Kampus Universitas Indonesia (UI)/wikipedia

Kabar24.com, JAKARTA-- Dalam rangka pengenalan program e-goverment, Universitas Indonesia menjalin kerja sama dengan Victoria University of Wellington, New Zealand untuk Pasca Sarjana yang pertama di Asia Pasifik.

Program e-government dikembangkan secara khusus untuk memungkinkan para profesional mempelajari bagaimana mengembangkan dan mengelola transformasi layanan digital dan bentuk online dari keterlibatan publik.

Guru Besar Universitas Indonesia Eko Prasojo yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara mengatakan, kemitraan yang terjalin bersama Victoria University of Wellington menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk meningkatkan kemampuan teknologi informasi di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia telah menjadikan teknologi informasi sebagai prioritas karena mampu mengubah bentuk interaksi antarawarga negara dengan pemerintah. Ini merupakan hal yang penting dan kerja sama ini merupakan bagian dari reformasi tersebut," katanya dalam berita pers, diterima Bisnis Jumat (22/08/2017).

Dalam kesepakatan kerja sama tersebut, sekitar 20 mahasiswa Indonesia, khususnya yang menjabat sebagai pegawai negeri sipil akan memulai studi di Universitas Indonesia pada 2018.

Mereka akan berada di Victoria pada tahun 2019 untuk studi selama satu tahun, sebelum kembali ke Indonesia untuk masa akhir trimester.

Lebih jauh Eko mengungkapkan, Victoria University dipilih karena keahliannya di bidang e-government. Victoria University juga baru-baru ini menempati peringkat 219 pada 2018 QS World University, dengan kenaikan peringkat yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Evan Berman, Guru Besar Manajemen Publik di School of Government, Victoria University mengatakan, keahlian universitas di bidang ini ditambah dengan peringkat internasionalnya menjadi faktor utama yang menarik para calon siswa Indonesia.

Kesepakatan kerja sama ini, tambah Berman, sangat penting bagi kedua universitas. Victoria adalah satu dari sedikit universitas di dunia yang menawarkan gelar Master di bidang e-government, yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh Universitas Indonesia.

"Kerja sama ini juga menjadi kesempatan besar bagi Victoria University untuk mendorong hubungan lebih dekat dengan jajaran universitas ternama di Indonesia baik dalam hal pengajaran maupun penelitian," kata Berman.

Kemitraan ini sekaligus membuka kesempatan kolaborasi lebih lanjut dan pembaharuan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding - MoU) tahun 2013 antara Victoria University dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Indonesia. MoU tersebut menetapkan kerangka kerja untuk kesempatan kerja sama pendidikan seperti pertukarankaryawan dan beasiswa pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ramdha Mawaddha
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper