Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKS & PPP Usul Pulau Galang Tampung Warga Rohingya

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di DPRD Provinsi Kepulauan Riau mengusulkan Pulau Galang di Batam dijadikan tempat penampungan muslim Rohingya.
Pulau Galang/Istimewa
Pulau Galang/Istimewa

Kabar24.com, TANJUNGPINANG - Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di DPRD Provinsi Kepulauan Riau mengusulkan Pulau Galang di Batam dijadikan tempat penampungan muslim Rohingya.

"Sebelum menyampaikan pandangan fraksi, ijinkan kami menyampaikan sikap fraksi kami terhadap permasalahan muslim Rohingya yang ditindas. Kami ingin Pemerintah Kepri memperhatikan permasalahan kemanusian ini secara serius," kata juru bicara Fraksi Keadilan Sejahtera-PPP Irwansyah sebelum menyampaikan pandangan fraksinya terhadap RAPBD Perubahan 2017 di Kantor DPRD Kepri, Senin (18/9/2017).

"Pak Sekda, Pak Sekda, tolong didengar pesan kami kepada Gubernur Kepri Nurdin Basirun," kata Irwansyah.

Sekda Arif Fadillah pun menoleh ke arah Irwansyah yang sedang berdiri di atas podium.

Dia mengemukakan, Fraksi Keadilan Sejahtera-PPP meminta Pemprov Kepri berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar diberikan ijin untuk menampung muslim Rohingya yang tertindas.

"Kami mengusulkan agar Pulau Galang, Batam, ditetapkan sebagai tempat tinggal para korban penindasan di Rohingya," kata dia.

Irwansyah menjelaskan, Pulau Galang memiliki sejarah panjang dalam menampung para pengungsi asing karena pernah dipakai untuk menampung warga Vietnam saat konflik di negara itu.

Langkah yang diambil pemerintah saat itu dinilai sudah tepat sebagai bentuk kepedulian Indonesia terhadap masalah kemanusiaan di dunia dan kali ini sejarah itu dapat diukir kembali sebagai bentuk kepedulian Indonesia terhadap masalah yang diderita muslim Rohingya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengapresiasi penduduk di wilayahnya yang berhasil menggalang dana sekitar Rp230 juta untuk membantu muslim Rohingya.

"Ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat dan pemerintah kepada muslim Rohingya," kata Nurdin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper