Sasar Pasar Ekspor, Pemkot Padang Minta UMKM Makanan Tingkatkan Kualitas Kemasan

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk produk makanan meningkatkan kualitas kemasan agar mampu bersaing dengan produk makanan dari luar.
Heri Faisal | 30 Agustus 2017 04:31 WIB
Ilustrasi - Antara/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, PADANG—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk produk makanan meningkatkan kualitas kemasan agar mampu bersaing dengan produk makanan dari luar.

Menurutnya, makanan lokal hasil olahan industri UMKM di Padang memiliki kualitas rasa yang teruji, namun lemah dalam pengemasan.

“Kalau untuk rasa tidak perlu khawatir, sudah terjamin. Tinggal bagaimana meningkatkan kemasan produknya,” kata Mahyeldi, Selasa (29/8/2017).

Menurutnya, agar mampu menembus pasar dan bersaing secara luas, tidak hanya soal kualitas rasa dari produk yang dihasilkan yang menjadi prioritas, tetapi juga kemasannya yang menarik dan berkualitas bagus.

Mahyeldi menceritakan saat kunjungan kerja ke China dirinya mendapatkan bingkisan dari pemerintah setempat. Bungkusnya yang bagus dan menarik membuat dirinya ingin menenteng terus hingga sampai Tanah Air.

Sampai di rumah, imbuh Mahyeldi, ketika dibuka di dalamnya ada 4 buah kaleng. Kaleng tersebut juga tampak menarik, dan membukanya juga sulit karena menggunakan magnet. Setelah dibuka, isinya hanya teh.

“Kotaknya bagus, tentu saya ingin terus bawa hingga sampai Padang. Ini contoh bagaimana kemasan produk bisa menarik hati orang,” ujarnya.

Mahyeldi mengajak pelaku UMKM meningkatkan kreatifitas dan menghasilkan produk bermutu dengan nilai tambah, sehingga bisa pula meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang Yunisman mengatakan lembaganya akan membantu memfasilitasi pengembangan UMKM, termasuk pembinaan untuk meningkatkan kualitas produk.

“Kami membantu UMKM mulai dari pembinaan hingga membantu pemasaran juga,” katanya.

Dia menyebutkan pemerintah mendorong produk UMKM Sumbar mencapai pasar yang lebih luas. Apalagi, Walikota Padang sudah menegaskan untuk membawa produk UMKM berorientasi ekspor.

 

Tag : padang
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top