Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kalbar Optimis Panen Capai 1,8 Juta Ton Padi

Kalimantan Barat optimistis pencapaian produksi padi tahun ini sebanyak 1,8 juta ton bisa terealisasi karena Kalbar masih dalam musim tanam yang berlangsung dari April-September.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 30 Agustus 2017  |  03:31 WIB
Kalbar Optimis Panen Capai 1,8 Juta Ton Padi
Panen Padi. - Bisnis.com
Bagikan

Kabar24.com, PONTIANAK -- Kalimantan Barat optimistis pencapaian produksi padi tahun ini sebanyak 1,8 juta ton bisa terealisasi karena Kalbar masih dalam musim tanam yang berlangsung dari April-September. 

Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar Heronimus Hero mengatakan,  sekarang produksi sudah mencapai 1,4 juta ton dan capaian itu sama dengan target padi 2016 yang terpenuhi produksi sebesar 1,3 juta ton. 

"Target tahun ini sangat tinggi selain masa tanam berlangsung juga untuk memotivasi para petani kita. Harapan kami berjalan normal karena banyak tantangan di dunia pertanian ini," kata Heronimus kepada Bisnis, Selasa (29/8). 

Heronimus mengutarakan, tantangan menanam benih padi di atas lahan seluas 592.000 Hektare a.l; hama atau penyakit hingga cuaca yang tidak menentu seperti terjadi sekarang ini. 

Namun, pihaknya berupaya hambatan tersebut tidak ekstrem mengurangi produksi padi setidaknya panen tahun ini keseluruhan mendekati target. 

Adapun, lanjutnya, kebutuhan konsumsi beras Kalbar di angka 260.000 ton per tahun. Sementara untuk 1 juta gabah kering bisa menghasilkan lebih dari konsumsi beras tersebut yakni sebanyak 650.000 ton. 

"Masih ada surplus, apalagi sekarang masih musim tanam. Selain untuk cadangan juga otomatis pasti beredar (di luar Kalbar). Misalnya varietas dari Sambas biasanya itu dikirim ke Natuna," kata Heronimus. 

Dia mengatakan pula, melimpahnya produksi padi dari Kalbar juga termasuk dari jenis padi Azton yang produksinya setahun bisa mencapai 2 kali panen. Tahun ini Kalbar memiliki 28.000 Ha lahan dengan rerata panen mencapai 140.000 ton. 

"Azton (metode) ini masih terbatas anggaran tetapi kami pemerintah sangat berharap masyarakat mandiri supaya mereka untuk total pemerintah subsidi memang belum bisa. Petani kami subsidi peralatan mesin hingga pupuk," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panen padi
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top