PENDAFTARAN CPNS 2017: Mau Sukses? Ini Tips Lulus

Berdasarkan pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, penerimaan Pegawai Negri Sipil pada tahun ini hanya diperuntukkan untuk lulusan yang terbaik saja.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 01 Agustus 2017  |  13:30 WIB
PENDAFTARAN CPNS 2017: Mau Sukses? Ini Tips Lulus
Menteri PANRB Asman Abnur didampingi (kiri-kanan) Kepala Badan Urusan Administrasi MA Aco Nur, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja, dan Sekretaris Jenderal Kemenkum HAM Bambang Rantam Sariwanto saat jumpa pers mengenai pembukaan pendaftaran CPNS di Jakarta, Selasa (11/7). - Humas PanRB

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, penerimaan Pegawai Negri Sipil pada tahun ini hanya diperuntukkan untuk lulusan yang terbaik saja.

Untuk itu, bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS  2017 ini, maka anda haruslah mempersiapkan diri terlebih dahulu. Dengan mempelajari berbagai ilmu dan pengatahuan, peluang untuk menjadi PNS akan lebih besar. Dengan begitu, anda akan lebih mudah tanpa ada rintangan yang berlebih.

Artinya yang perlu ditingkatkan adalah wawasan dan juga pengetahuan umum yang dimiliki oleh peserta sebab tanpa adanya itu soal tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2017 yang terdiri dari wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan juga karakteristik pribadi tidak akan bisa dikerjakan dengan maksimal sehingga perolehan nilaipun masih jauh dari yang seperti diharapkan.

Persiapan materi menjelang ujian tulis cpns harus benar-benar matang dan dipersiapkan dengan baik. Mempelajari akan berbagai macam jenis contoh soal CPNS dalam bentuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi tata negara Indonesia, kebijakan pemerintah, sejarah Indonesia, bahasa Indonesia, bahasa inggris, pengetahuan umum dan juga UUD 1945. Bentuk tes tulis selanjutnya adalah Tes Intelegensi Umum (TIU) yang meliputi tes kemampuan, analisa verbal, analisa numerik, berpikir logis dan analitis. Belajar dari pengalaman tes ujian sebelumnya juga penting.

Kiat Versi Menpan.go.id

Penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia. Empat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI). NKRI in mencakup sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Materi kedua adalah Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. TIU juga untuk mengetahui kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, dan kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Adapun Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan. “TKP juga untuk menilai kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain,” imbuh Suwardi.

Belum selesai sampai di situ, sebab untuk lulus tes masih harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Ini berbeda dengan seleksi beberapa tahun lalu, yang tidak mengharuskan dilakukan SKB.

Berdasarkan Permen PANRB No 20/2017 terrsebut, materi Seleksi Kompetensi Bidang ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud.

Langkah Pendaftaran Online CPNS ~~

Pengumuman Resmi CPNS 2017 Oleh Menpan

 Berikut pernyaataan Menpan Terbaru  yang membuka lowongan CPNS adalah CPNS MA 2017 dan juga CPNS Kemenkumham 2017.

"Formasi untuk kedua instansi tersebut  19.210 orang, terdiri atas 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dalam konferensi pers di Jakarta.

Selain itu, diberi juga kesempatan bagi yang berprestasi penyandang cumlaude semasa kuliah dulu, ini merupakan bukaan CPNS jalur khusus.

"Untuk lulusan cumlaude kuotanya  468 orang, sedangkan putra dan putri Papua dan Papua Barat  301 orang," jelas Asman.

Dia menjelaskan, formasi CPNS untuk MA berjumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Adapun formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari penjaga lembaga pemasayarakatan (lapas) hingga analis keimigrasian.

Lihat Info CPNS Polsuspas 2017.  Sumber : http://www.cpns2016.com/ 

Berdasarkan keterangan Kementerian PANRB, informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs :

  1. https://www.menpan.go.id, simak penjelasannya di Panselnas Menpan
  2. https://sscn.bkn.go.id, simak penjelasan SSCN BKN
  3. https://www.mahkamahagung.go.id, CPNS Mahkamah Agung 2017
  4. http://badilum. mahkamahagung.go.id
  5. http://badilag.mahkamahagung.go.id
  6. http://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/
  7. http://cpns.kemenkumham2017.go.id, Simak di CPNS Kemenkumham

Berikut poin-poin penting dalam mengikuti seleksi CPNS 2017 :

Sumber : http://www.cpns2016.com/

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lowongan cpns

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top