BMKG: Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

Peningkatan curah hujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi diperkirakan masih akan terus terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia
Ropesta Sitorus | 30 Juni 2017 10:19 WIB
Nelayan mengendalikan perahu saat melewati ombak besar di perairan Selat Malaka, Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Selasa (28/2). - Antara/Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA--Peningkatan curah hujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi diperkirakan masih akan terus terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dalam laman resminya yang diakses pada Jumat (30/6/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hari ini akan terjadi hujan lebat, petir serta angin kencang di Aceh, Sumatra Utara, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Papua.

Besarnya pengaruh lokal dan tingginya pemanasan pada periode hingga Juli nanti dikatakan akan memicu peningkatan intensitas Thunderstorm yang memungkinkan terjadi petir dan angin kencang.

"Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin."

Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi.

Seperti diketahui, belum lama ini, beberapa wilayah mengalami peningkatan bencana hidrometeorologi seperti banjir di Padang serta angin kencang di NTT, Maluku, dan Sulawesi Tenggara akibat labilnya kondisi atmosfer.

Tag : cuaca
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top