Terbelit Dugaan Korupsi, Presiden Brasil Menolak Mengundurkan Diri

Kemungkinan adanya tuduhan korupsi yang menimpa Presiden Brasil Michel Temer serta makin rendahnya popularitas atas dirinya tidak membuatnya turun dari jabatannya.
Newswire | 27 Juni 2017 11:55 WIB
Presiden Brasil Michel Temer berpidato di Brasilia dan menolak untuk mengundurkan diri. - VOA

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Brazil Michel Temer menolak untuk turun meski menghadapi kemungkinan tuduhan korupsi serta makin rendahnya popularitas atas dirinya.

"Tidak ada yang akan menghancurkan kita, tidak saya, dan tidak para menteri kita," kata Temer pada sebuah acara penandatanganan RUU hari Senin (26/6).

Jajak pendapat baru memberi kesetujuan pada Temer sangat rendah hanya 7%. Rakyat Brazil menentang keras usulan pemotongan besar pensiun dan reformasi lainnya, dalam upayanya menyelamatkan Brazil dari resesi berat.

Jaksa Agung Brazil juga diperkirakan akan memutuskan pada Selasa (27/6) apakah akan menuduh Temer melakukan korupsi, menerima suap, menghalangi hukum dan anggota organisasi kriminal.

Temer dicurigai menerima pembayaran dari seorang eksekutif pengemasan daging dan merencanakan untuk membayar seorang politisi di penjara karena korupsi, agar tetap diam.

Majelis rendah Brazil harus melakukan pemungutan suara apakah akan menskors Temer dan mengadilinya.

Temer mengambil alih jabatan Presiden tahun lalu, setelah mantan Presiden Dilma Rousseff dimakzulkan dan dihukum karena melanggar undang-undang anggaran.

 

Sumber : VOA

Tag : korupsi, brasil
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top