Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Teluk Memanas, 4 Negara Arab Ini Putus Hubungan dengan Qatar

Ketegangan diplomatik antara Qatar dan sejumlah negara Arab meningkat. Empat negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi, memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar serta menutup akses ke negara tersebut.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 05 Juni 2017  |  11:27 WIB
Bendera Qatar - Istimewa
Bendera Qatar - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA – Ketegangan diplomatik antara Qatar dan sejumlah negara Arab meningkat. Empat negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi, memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar serta menutup akses ke negara tersebut.

Hal ini meningkatkan perseteruan diplomatik antara negara-negara Teluk yang dimulai dari hubungan Qatar dengan Iran dan dukungannya terhadap Ikhwanul Muslimin.

Dalam pernyataannya, dilansir Bloomberg (Senin, 5/6/2017), pemerintah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), dan Mesir mengatakan bahwa mereka akan menghentikan perjalanan udara maupun laut ke dan dari Qatar.

Menurut kantor berita Saudi Press Agency, Arab Saudi bahkan akan menutup akses darat dengan negara tetangganya itu.

Langkah ini dilakukan Saudi akibat dukungan Qatar terhadap kelompok-kelompok teroris yang bertujuan mengacaukan kawasan tersebut, termasuk Ikhwanul Muslimin, Negara Islam dan Al-Qaeda.

Saudi menuding Qatar mendukung kelompok-kelompok teroris yang beroperasi di timur kerajaan dan juga Bahrain.

Langkah ini juga diambil Saudi karena menilai pentingnya perlindungan terhadap kerajaan dari potensi terorisme dan ekstrimisme.

Pemerintah Saudi pun, beserta Bahrain dan UEA, memberi waktu 48 jam bagi para diplomat Qatar untuk meninggalkan negara mereka.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Negara Teluk
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top