Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chairul Tanjung: Di Era Teknologi Jadi Pengusaha Lebih Gampang

Pengusaha nasional Chairul Tanjung mengajak mahasiswa untuk berani ambil bagian menjadi entrepreneur atau pengusaha di era teknologi serta memanfaatkan bonus demografi.
Chairul Tanjung/Reuters
Chairul Tanjung/Reuters

Kabar24.com, PADANG - Pengusaha nasional Chairul Tanjung mengajak mahasiswa untuk berani ambil bagian menjadi entrepreneur atau pengusaha di era teknologi serta memanfaatkan bonus demografi.

Menurutnya, kemajuan teknologi membuat orang lebih mudah untuk membangun usaha menjadi entrepreneur, karena lebih efektif dan jauh lebih efisien.

“Harus diketahui di era ini menjadi pengusaha lebih mudah. Dengan teknologi, lebih mudah mendapatkan investor, modal, lebih mudah melakukan pemasaran. Asal kreatif,” katanya saat memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, pada Kamis (18/5/2017).

Dia mengatakan Indonesia membutuhkan lebih banyak entrepreneurs untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Saat ini, imbuhnya, jumlah entrepreneur di Tanah Air baru sekitar 1,6% dari total jumlah penduduk.

Padahal seharusnya, kata CT, panggilan akrab Chairul Tanjung, jumlah pengusaha di Indonesia mestinya jauh lebih untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dan bisa bersaing dengan negara lainnya.

Perguruan tinggi, katanya, harus menjadi wadah untuk melahirkan entrepenuer baru dengan disiplin tinggi, memiliki kreatifitas, dan mau berusaha untuk mengubah nasib diri sendiri dan mengubah masa depan bangsa.

“Dulu mau jadi pengusaha, mau jadi miliarder itu jalannya panjang sekali. Sekarang, perkembangan teknologi membuat semuanya berubah dengan cepat. Nadiem Makarim dengan Go-jek, Ahmad Zaky di Bukalapak jadi miliarder dengan cepat karena mampu memanfaatkan teknologi,” urai CT.

Makanya, Chairman CT Corp itu mengajak anak muda lebih berani mengambil tantangan menjadi pengusaha dengan memanfaatkan teknologi.

Apalagi, Indonesia diuntungkan dengan bonus demografi, dengan kian tumbuhnya orang kaya baru yang berbasis komsumer. Pertumbuhan juga didorong dari kegiatan konsumsi masyarakat.

“Setelah 2050, bonus demografi ini tidak ada lagi. Makanya sekarang dimanfaatkan dengan baik, jangan potensi kita [Indonesia] hanya jadi pasar bagi orang asing,” katanya.

Rektor UNN Ganefri mengatakan dengan kegiatan kulian umum semacam itu, akan membangkitkan semangat mahasiswa untuk menjadi entrepreneur.

“Kami semua tahu bahka Pak Chairul Tanjung adalah pengusaha yang sukses, oleh sebab itu diharapkan seluruh mahasiswa dapat mengambil pelajaran dari kesuksesan beliau,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper