Pakai Teknologi Jepang, Medan Akan Suling Air Laut Siap Minum

Pemerintah Kota Medan memberikan lampu hijau kepada Sinko Holdings Coorporation untuk mengajukan penawaran kerja sama investasi air bersih.
Yoseph Pencawan | 19 April 2017 18:41 WIB
Perahu nelayan menerjang ombak di perairan Plawangan Puger, Jember, Jawa Timur, Jumat (31/1). - Antara/Seno

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Kota Medan memberikan lampu hijau kepada Cinco Holdings Corporation untuk mengajukan penawaran kerja sama investasi air bersih.

Qamarul Fatah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Medan mengungkapkan bahwa belum lama ini telah berlangsung pertemuan antara Wali Kota Dzulmi Eldin dengan sejumlah petinggi Cinko Holdings Corporation. Pertemuan di Medan itu membahas rencana investasi air bersih.

"Sinko Holdings menawarkan Pemkot Medan kerja sama pengolahan air laut menjadi air bersih," ujarnya, Rabu (19/4/2017).

Dijelaskan, Cinko Holdings, yang dalam penilaian Pemkot Medan merupakan perusahaaan ternama asal Jepang, memastikan diri memiliki teknologi mutakhir penyulingan air laut dengan hasil kualitas air bersih laik minum. Cinko menjamin masyarakat tidak perlu lagi memasak air hasil penyulingan, untuk dikonsumsi.

Pada kesempatan itu, General Manager Marketing Sinko Holdings Coorporation Shinoda Norio pun mengklaim bahwa teknologi penyulingan mereka sudah digunakan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Dia juga mengaku pihaknya memiliki teknologi pengelolaan sampah menjadi sumber energi baru, seperti yang telah beroperasi di Tangerang.

Di pihak lain, lanjut Qamarul, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin merespon positif pengajuan kerja sama oleh Cinko Holdings. Dalam pertemuan, Wali Kota merasa tertarik karena kotanya masih membutuhkan suplai air bersih alternatif selain dari PDAM Tirtanadi.

Tag : medan
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top