PILGUB DKI 2017 : TNI Bantu Polri Amankan Pencoblosan

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menekankan sinergisitas TNI-Polri guna mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta Putaran Kedua 2017.
Newswire | 18 April 2017 17:31 WIB
Sejumlah anggota Polri dan prajurit TNI mengikuti apel gabungan pergeseran pasukan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Selasa (18/4). Sebanyak 62 ribu personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Kabar24.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menekankan sinergisitas TNI-Polri guna mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta Putaran Kedua 2017.

"Saya pribadi melihat kunci keberhasilan utama (pengamanan pilkada) adalah kekompakan dan sinergi terutama unsur TNI dan Polri," kata Jenderal Polisi Tito Karnavian di Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Tito menyampaikan hal itu saat apel pasukan pengamanan Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua 2017 yang berlangsung di Ancol Jakarta Utara.

Tito mengungkapkan, selama ini pengamanan pilkada maupun aksi besar massa dilalui bersama TNI dan Polri, sehingga situasi Jakarta tetap kondusif.

Polisi jenderal bintang empat itu menilai Jakarta adalah barometer Indonesia dengan dinamika yang terjadi sehingga Polri dan TNI siap mengamankan.

Tito juga mengharapkan anggota TNI dan Polri bersikap netral, karena tidak memiliki hak pilih, sehingga fokus mengamankan Pilkada DKI Jakarta.

Menurut Tito, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya telah menyiapkan teknis pengamanan pilkada yang tersebar di sekitar 13.000 tempat pemungutan suara (TPS).

"Masing-masing satu TPS diwakili satu anggota Polri dan TNI sehingga sebagian besar kekuatan akan tersebar di TPS," ungkap Tito.

Tito mengungkapkan, petugas juga bersiaga di kecamatan, polres, kota/kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu optimistis kekuatan lebih dari 60.000 personel akan mengatasi potensi permasalahan yang terjadi ketika pemungutan suara.

Tito mengemukakan petugas keamanan harus mengandalkan kecepatan dan lokalisir saat terjadi permasalahan di TPS.

DKI Jakarta akan menggelar Pilkada Putaran Kedua dengan dua pasangan calon gubernur-wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Sandiaga Uni-Anies Baswedan pada Rabu (19/4/2017).

Sumber : Antara

Tag : Pilkada DKI 2017
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top