Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Katulampa Siaga II, Jakarta Diminta Waspadai Banjir Kiriman Pagi Hari

Hujan lebat yang cukup panjang di daerah Bogor telah menyebabkan kenaikan debit Sungai Ciliwung bagian hulu.
Bendung Katulampa/Antara-Jafkhairi
Bendung Katulampa/Antara-Jafkhairi

Bisnis.com, JAKARTA--Hujan lebat yang cukup panjang di daerah Bogor telah menyebabkan kenaikan debit Sungai Ciliwung bagian hulu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Pelanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tinggi muka air sungai Ciliwung terus meningkat sehingga menyentuh pada level Siaga 2 yaitu 170 cm pada Kamis (13/4/2017) pukul 20.30 Wib.

"Hingga pukul 21.15 Wib, tinggi muka air Sungai Ciliwung masih 170 centimeter atau Siaga 2. Hujan deras masih terus berlangsung di Bogor," katanya dalam siaran pers, Kamis (13/4/2017).

Dia menuturkan BPBD Kota Bogor dan BPBD DKI Jakarta terus memantau perkembangan debit Sungai Ciliwung. Diperkirakan pada sekitar Jumat (14/4/2017) pukul 05.00 Wib debit sungai tersebut akan tiba di Pintu Air Manggarai.

Sebelum tiba disana, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung dihimbau untuk waspada akan datangnya banjir kiriman.
"Daerah bantaran sungai yang diperkirakan terdampak banjir adalah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu," katanya.

Menurutnya, lokasi tersebut merupakan daerah langganan banjir karena berada di bantaran sungai. BPBD DKI Jakarta telah menyampaikan peringatan dini banjir kepada berbagai pihak. Penyebaran informasi kepada warga bantara kali, Atas Kenaikan Tinggi Muka Air Katulampa 170 cm/H (siaga 2) melalui Sosial Media, seperti Twitter, Facebook, BBM, Whatsapp dan Website.
"Penyerbaran informasi melalui Peringatan Dini Disaster Warning System (DWS), Wilayah Bidara Cina dan Kampung Melayu sudah di aktifkan, Bendung Katulampa pukul 20.30 WIB, TMA 170 cm/H (siaga 2). Penyebaran memalui SMSBLAST sudah di aktifkan sesuai SOP masuk (siaga 2)," ungkapnya.

Diperkirakan banjir tidak terlalu besar karena di wilayah Jakarta tidak terjadi hujan lebat. Kondisi sungai Ciliwung di Depok dan Manggarai kondisi normal sehingga adanya tambahan kenaikan debit banjir tidak akan luas dan besar.

"Kami minta warga yang tinggal dekat bantaran sungai siap siaga pada malam hari ini hingga besok pagi," kata Sutopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper