Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah TKI Ilegal, Imigrasi Perketat Pemeriksaan Paspor

Direktorat Jenderal Imigrasi RI memperketat pemeriksaan paspor di bandara dan pelabuhan untuk mencegah maraknya Tenaga Kerja Indonesia ilegal.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA--Direktorat Jenderal Imigrasi RI memperketat pemeriksaan paspor di bandara dan pelabuhan untuk mencegah maraknya Tenaga Kerja Indonesia ilegal.

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi RI Agung Sampurno dalam keterangan resmi mengatakan, pihaknya telah melakukan penolakan keberangkatan terhadap dua WNI yang ingin berangkat ke Arab Saudi Jumat kemarin.


Dua WNI asal Sukabumi tersebut ditolak karena diduga ingin menjadi Tenaga Kerja Indonesia di Arab Saudi lewat jalur ilegal. Rencananya, keduanya akan menggunakan penerbangan Saudi Arabia Airlines SV821 tujuan Riyadh.

"Ditjen Imigrasi terus melakukan upaya pencegahan TKI nonprosedural, baik melalui seleksi ketat dalam pemberian paspor maupun pemeriksaan saat keberangkatan di pelabuhan-pelabuhan," ujarnya, Sabtu (25/3/2017).

Dia menjelaskan, upaya pencegahan TKI ilegal tersebut merupakan kebijakan dari Kementerian Hukum dan HAM melalui Ditjen Imigrasi dalam memberikan perlindungan dan keamanan bagi WNI yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Sebelumnya, Imigrasi Malaysia mendeportasi 282 warga negara Indonesia yang diduga ingin menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal.

Seluruh WNI diberangkatkan dari Pelabuhan Pasir Gudang Johor Bahru Malaysia menuju Tanjung Pinang Indonesia pada Selasa lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper