Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: ‎Media Arus Utama Punya Peran Penting

Media arus utama dinilai bisa menjadi penetral dari banyaknya informasi maupun berita media sosial yang bersifat bohong.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 09 Februari 2017  |  18:03 WIB
Jokowi: ‎Media Arus Utama Punya Peran Penting
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ketua PWI Pusat Margiono (kedua kanan), Ketua Dewan Pers Yoseph Adhi Prasetyo (kedua kiri), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan), dan Gubernur Maluku Said Assagaff memukul tifa sebagai tanda peresmian puncak Hari Pers Nasional 2017 di Ambon, Maluku, Kamis (9/2). Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berharap media arus utama (mainstream) bisa meluruskan pemberitaan yang "bengkok", terkait maraknya berita palsu atau hoax. - Antara/Embong
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA--Media arus utama dinilai bisa menjadi penetral dari banyaknya informasi maupun berita media sosial yang‎ bersifat bohong.

Presiden Joko Widodo mengatakan kehadiran media sosial memungkinkan tiap orang untuk membuat dan menyebabkan berita. Selain konten edukasi, banyak juga berita-berita bohong (hoax) yang bebas beredar.

"‎Media sosial unggul karena kecepatan dan nilai aktualitas, sedangkan media arus utama menonjol karena akurasi dan kedalaman materinya," kata Jokowi dalam siaran pers, Kamis (9/2/2017).

Dia menambahkan peredaran berita hoax menjadi fenomena yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut merupakan konsekuensi era keterbukaan yang harus dihadapi.

Jokowi berpendapat media arus utama tetap akan bertahan kendati terus digempur oleh informasi dari media sosial. Media arus utama harus mampu menjernihkan hal keruh yang terjadi di media sosial.

"Selain menjamin profesionalitas dan perlindungan terhadap wartawan, dengan adanya verifikasi tersebut masyakakat juga bisa tahu media mana yang bisa jadi rujukan atau dipercaya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari pers nasional media massa
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top