Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Tangkap Penghinaan Agama Lewat Facebook

Polisi mengamankan seorang warga yang diduga menyebarluaskan selebaran akun facebook yang berisi penghinaan agama yang diduga menjadi penyebab kerusuhan di Kabupaten Tapanuli Selatan.
Ilustrasi Facebook/theguardian.com
Ilustrasi Facebook/theguardian.com

Bisnis.com, MEDAN -  Polisi mengamankan seorang warga yang diduga menyebarluaskan selebaran akun facebook yang berisi penghinaan agama yang diduga menjadi penyebab kerusuhan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting di Medan, Jumat (23/9/2016), mengatakan, warga tersebut berinisial HBR (62) penduduk Lingkungan I, Kelurahan Batang Ayumi Jae, Kota Padangsidimpuan.

Dari penyelidikan yang dilakukan, diketahui pelaku mencetak isi akun media sosial tersebut dan menggandakannya di toko foto copy "Sampe Rudang Al Ankola".

Di tempat itu, pelaku menggandakan selebaran akun berisi penghinaan terhadap agama tersebut sebanyak 30 eksemplar.

Setelah itu, selebaran tersebut disebarkan pelaku ke ke 12 warung yang menjadi lokasi berkumpul masyarakat.

Pihak kepolisian masih mendalami motif pelaku dalam menyebarluaskan isi akun media sosial yang berisi penghinaan terhadap agama tersebut.

Polres Tapanuli Selatan masih berkoordinasi dengan Polres Mandailing Natal untuk mengecek isi selebaran tersebut ke desa yang melakukan penyerangan.

Selain berkoordinasi dengan unsur muspida, pihak kepolisian juga mengecek ke seluruh warung yang menerima selebaran tersebut.

Sebelumnya, sekelompok warga dari Desa Sihepeng, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal menyerang warga di Desa Huta Pardomuan, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan pada Senin (17/9) malam sekitar pukul 21.30 WIB, untuk mencari warga yang diduga pemilik akun facebook yang berisi penghinaan terhadap agama.

Namun penyerangan itu diikuti masyarakat Desa Aek Badak Julu, Kecamatan Sayurmatinggi, Tapanuli Selatan ke Desa Huta Pardomuan akibat terprovokasi oleh pergerakan masyarakat Desa Sihepeng, Mandailing Natal Riza Fahriza

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper