Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pergerakan Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Naik 14,83%

Operator Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mencatat pergerakan penumpang pesawat pada periode Idul Adha yang terpantau terhitung H-3 hingga H+3 meningkat 14,83% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Penumpang Pesawat di Bandara. /Antara
Penumpang Pesawat di Bandara. /Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Operator Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mencatat pergerakan penumpang pesawat pada periode Idul Adha yang terpantau terhitung H-3 hingga H+3 meningkat 14,83% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Hary Budi Waluyo, Shared & Services Departement Head AP I Cabang Bandara Sultan Hasanuddin, mengemukakan pertumbuhan angka penumpang pesawat tersebut sangat dipengaruhi oleh momentum hari raya Idul Adha yang bertepatan dengan liburan akhir pekan.

Berdasarkan data Angkasa Pura (AP) I, pengguna jasa transportasi udara yang melalui Bandara Sultan Hasanuddin pada periode Idul Adha terhitung H-3 atau Jumat (9/9) hingga H+3 atau Kamis (15/9) lalu secara kumulatif mencapai 206.455 penumpang. Sekedar diketahui, hari raya Idul Adha jatuh pada Senin (12/9) pekan lalu.

"Peningkatan ini selain karena bertepatan dengan long weekend, juga dipengaruhi adanya event F8 di Makassar yang berlangsung 8-10 September lalu, meski memang tidak terlalu signifikan," katanya kepada Bisnis, Minggu (18/9/2016).

Menurut Hary, pada periode Idul Adha tahun ini tidak ada penmbahan jadwal penerbangan atau extra flight kendati terjadi peningkatan pergerakan penumpang yang datang maupun berangkat melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Adapun pergerakan pesawat pada periode Idul Adha tercatat sebanyak secara rerata sebanyak 263 pergerakan per hari.

"Catatan kami tidak ada exttra flight, cuma memang tingkat okupansi penumpang dalam jadwal penerbangan reguler yang melalui Makassar hampir semua penuh, masih bisa memenuhi peningkatan penumpang pada periode Idul Adha pekan lalu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper