Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australian Independent School Berbagi Edukasi Seni ke Sekolah Lokal

Australian Independent School (AIS), sekolah yang menyediakan pendidikan bertaraf internasional dengan Kurikulum Australia untuk semua pelajar di Indonesia, memberikan edukasi seni bagi siswa siswi dari dua sekolah lokal yaitu SDN Ragunan 01 Pagi dan SDN Ragunan 05 Pagi di AIS Kemang.
Australian Independent School (AIS) Berbagi Edukasi Seni ke Sekolah  Lokal/dokumentasi
Australian Independent School (AIS) Berbagi Edukasi Seni ke Sekolah Lokal/dokumentasi

Kabar24.com, JAKARTA-Australian Independent School (AIS), sekolah yang menyediakan pendidikan bertaraf internasional dengan Kurikulum Australia untuk semua pelajar di Indonesia, memberikan edukasi seni bagi siswa siswi dari dua sekolah lokal yaitu SDN Ragunan 01 Pagi dan SDN Ragunan 05 Pagi di AIS Kemang.

Kunjungan sekolah ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan, kepala sekolah dan 4 orang perwakilan guru dan 10 siswa-siswi dari masing-masing sekolah. Para siswa diajak mengikuti berbagai kelas di AIS dan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar.

Khusus bagi para guru, selain mengikuti kegiatan siswa di berbagai kelas, mereka juga mendapat sharing dari Kepala Sekolah AIS dan guru-guru AIS seputar teknik pengajaran yang dijalankan di AIS. Kegiatan kunjungan sekolah ini merupakan bagian bentuk kepedulian AIS terhadap pendidikan di Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, guru dan para siswa dari SDN Ragunan 01 Pagi dan SDN Ragunan 05 Pagi mengikuti beragam kegiatan di kelas Seni bersama Mrs Janie. Mereka belajar melukis di kaos dengan menggunakan kuas, cat, sapu lidi, pom pom dan juga tangan. Para siswa juga ikut bermusik bersama di kelas Musik yang penuh dengan anak-anak bernyanyi dan menggunakan Ukelele. Sementara para siswa berkreasi di ruangan Seni, para guru, kepala  sekolah dan perwakilan Dinas Pendidikan mengunjungi kelas Olah Raga, kelas Bahasa Inggris, kelas Bahasa dan Budaya Indonesia serta kelas untuk anak berkebutuhan khusus yang dilengkapi dengan ruangan terapi

AIS memiliki filosofi mengembangkan wawasan dan menyatukan keberagaman. Filosofi ini diturunkan dalam bentuk proses belajar mengajar yang membekali para siswa dan pengajar agar memiliki keterampilan, pengetahuan, dan nilai moral serta berperilaku positif sebagai modal penting untuk berinteraksi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Menjalin kerjasama dan berbagi metode pengajaran dengan sekolah di sekitar AIS merupakan wujud nyata dari kontribusi positif dari AIS. Brenton Hall, Kepala Sekolah AIS Indonesia mengatakan: “AIS mengunakan metode pengajaran Australia yang mengajak siswa terlibat dalam setiap proses belajar dengan bertanya dan bereksperimen, mengasah kemampuan anak berpikir secara kreatif, independen dan berpikiran luas. AIS juga berkomitmen untuk menyediakan lingkungan dan proses belajar mengajar yang mendukung siswa dalam mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuannya.” ujar Brenton Hall dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com.

“Proses belajar mengajar dilakukan dalam suasana saling mendukung dan menghormati diantara keberagaman yang ada. AIS mengajarkan para siswa untuk berempati, memiliki rasa kasih sayang dan saling membangkitkan semangat. Hal inilah yang tercermin ketika kami menerima para siswa dan pengajar dari SDN Ragunan 01 Pagi dan SDN Ragunan 05 Pagi. Kami sangat senang bisa membagi pengetahuan dan cara pengajaran kami kepada sekolah lokal di daerah sekitar AIS. Kami juga berharap mereka
mendapatkan inspirasi untuk dapat mengembangkan proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.”  tambahnya.

Kegiatan kunjungan sekolah ini merupakan bagian dari peringatan ulang tahun AIS yang ke-20. AIS hadir di Indonesia dengan komitmen menghadirkan pendidikan kelas dunia bagi masyarakat Indonesia dan warga negara asing di Indonesia. Peringatan ulang tahun kali ini mengangkat tema Imajinasi, Inspirasi dan Inklusi. Tema Imajinasi, Inspirasi dan Inklusi dipilih berdasarkan kebutuhan edukasi di masa mendatang, dimana siswa diharapkan memiliki keterampilan di 4 area yaitu pemikiran yang kritis, komunikasi yang baik, kemampuan kolaborasi dan memiliki kreativitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper