Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Terlama Singapura Sellapan Ramanathan Tutup Usia

Sellapan Ramanathan, presiden keenam Singapura dengan durasi kepemimpinan terlama yakni sejak 1999 - 2011, meninggal dunia dalam usia 92 tahun, Senin (22/8/2016).
SR Nathan./REUTERS
SR Nathan./REUTERS

Bisnis.com, PERTH -  Sellapan Ramanathan, presiden keenam Singapura dengan durasi kepemimpinan terlama yakni sejak 1999 - 2011, meninggal dunia dalam usia 92 tahun, Senin (22/8/2016).

Associated Press melaporkan, politisi gaek yang sangat populer dengan nama sebutan S.R. Nathan itu sempat dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis setelah mengalami serangan stroke pada 31 Juli lalu dan ini merupakan serangan yang kedua dalam 2 tahun terakhir.

"Tuan Nathan meninggal dunia dengan tenang di Rumah Sakit Umum Singapura," demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Kantor Perdana Menteri Singapura.

Ramanathan menjabat berbagai posisi kunci dalam pemerintahan Singapura, termasuk Komisioner untuk Malaysia pada tahun 1988, dan pada periode 1990-1996 ia menjadi Duta Besar Singapura untuk Amerika Serikat.

Pria yang memulai karirnya secara bersahaja dengan memilih untuk bekerja alih-alih menyelesaikan pendidikannya demi menuntaskan beban utang keluarga, dikenang oleh Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong sebagai contoh sukses seseorang yang gigih memperbaiki nasibnya dan berkontribusi kepada masyarakat.

Dalam akun Facebook PM Singapura tertulis "Ia (Ramanathan-red) adalah presiden yang hangat dan akrab. Saya mengenang dirinya sebagai pria yang sangat berdedikasi mengabdi kepada bangsa. Ia selalu siap menunaikan tugas negara. Ia adalah putra kebanggaan Singapura," tambahnya seperti dikutip PerthNow.com.au.

Ramanathan meninggalkan seorang istri, seorang putra dan putri, serta tiga orang cucu.

Pemerintah Singapura akan melangsungkan pemakaman kenegaraan untuk Ramanthan dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper