Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendesa PDTT Agresif Gelar Pelatihan Desa Online

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) terus mengenjot percepatan ekonomi desa dengan aktif memperkenalkan aplikasi Desa Online. Aplikasi tersebut bertujuan memperkenalkan potensi desa kepada dunia luar.
Menteri Desa Eko Putro Sanjoyo. /kemendes
Menteri Desa Eko Putro Sanjoyo. /kemendes

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) terus mengenjot percepatan ekonomi desa dengan aktif memperkenalkan aplikasi Desa Online.

Aplikasi tersebut bertujuan memperkenalkan potensi desa kepada dunia luar.

Kepala Badan Pengembangan Penelitian Pelatihan Dan Informasi (Balilatfo) Kemendesa PDTT, M. Nurdin mengatakan aplikasi Desa Online akan mampu mempercepat desa membangun. Segala informasi tentang desa ada di dalamnya.

"Tidak hanya soal proses pembangunan desa, hingga potensi desa, produk unggulan desa yang bisa dipromosikan melalui internet," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (1/8/2016).

Dia mengklaim Kemendesa akan bergerak cepat untuk terus melakukan pelatihan kepada pengguna di daerah. Pada tahun ini, Kemendesa akan melatih 200 perwakilan desa.

"Belum lama ini di Balikpapan, Kalimantan Timur. Selanjutnya di Makassar, NTT dan Jawa Barat hingga Papua," tambahnya.

Dengan adanya aplikasi desa berbasis web ini, jelas Nurdin, desa-desa di Indonesia tak lagi terisolasi dan akan lebih melek teknologi.

"Karena sudah ada akses informasi untuk memperkenalkan potensi desa secara cepat sampai ke desa lainnya hingga seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, di masa mendatang, aplikasi desa online ini akan mempermudah informasi apapun mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan, termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) bisa disampaikan kepada masyarakat desa dan terdokumentasi dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper