Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Berencana Jadikan Pulau Onrust Objek Wisata Kelas Dunia

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan Pulau Onrust objek wisata sejarah kelas dunia. Dalam hal ini, Pemprov DKI menggandeng Yayasan Cipta Maritim Semesta Indonesia (YCMSI).
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat/Berita Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat/Berita Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan Pulau Onrust objek wisata sejarah kelas dunia. Dalam hal ini, Pemprov DKI menggandeng Yayasan Cipta Maritim Semesta Indonesia (YCMSI).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, rencana restorasi akan berjalan pada tahun 2017 mendatang.

"Kita inginnya ini bisa mulai dikerjakan tahun depan. Tidak hanya di Onrust saja, tapi di Pulau Sebira dan ‎Pulau lainnya yang punya peninggalan sejarah," kata Djarot, usai menerima kunjungan empat orang perwakilan YCMSI di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/7).

Menurut Djarot, walau memiliki catatan sejarah panjang, kondisi Pulau Onrust memprihatinkan. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke pulau itu sangat minim.

Jika pulau itu direstorasi, dipastikan wisatawan yang berkunjung meningkat. Hingga saat ini, banyak peninggalan penjajah seperti bangunan benteng VOC hingga peralatan perang seperti meriam.

"Itu bisa mengundang wisatawan berfoto. Apalagi jaman sekarang ini, itu bisa dijadikan latar belakang preweddingkan bagus itu. Tahun depan kita coba fokus merestorasi pulau sejenis seperti Onrust," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang‎ Pusat Konservasi Cagar Budaya Dinas Pariwisata Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Taufik menyambut positif rencana keterlibatan YCMSI mengkonsep bentuk wisata yang ditawarkan kemasyarakat dari Pulau Onrust.

"Kita pernah melakukan penelitian di Pulau Onrust dari tahun 1979. Tapi cuma lima tahun ‎berjalan efektif. Kami senang YCMSI ikut terlibat mengkonsep Pulau Onrust seperti wisata apa kedepannya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper