MUDIK LEBARAN 2016: Waspadai Banjir Di Daerah Sampang, Jawa Timur

Ancaman banjir dan longsor terus mengintai saat mudik dan lebaran 2016.Salah satunya di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan hal ini disebabkan anomali cuaca dan pengaruh La Nina yang menyebabkan curah hujan di atas normal.
Annisa Sulistyo Rini | 02 Juli 2016 12:23 WIB
/Ilustrasi/JIBI Photo

Bisnis.com, JAKARTA--Ancaman banjir dan longsor terus mengintai saat mudik dan lebaran 2016, salah satunya di Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan hal ini disebabkan anomali cuaca dan pengaruh La Nina yang menyebabkan curah hujan di atas normal.

"Harusnya sudah musim kemarau tetapi saat ini seperti musim penghujan dengan curah hujan masih terus meningkat," ujarnya Sabtu (2/7/2016).

Akibatnya Sungai Kamuning meluap dan menyebabkan banjir di Kota Sampang pada hari ini pukul 08.15 WIB.

Banjir luapan Kali Kamuning sampai saat ini telah menggenangi sebagian 5 desa dan 2 Kelurahan yaitu Desa Kamuning, Pasean, Tanggumung, Panggung, Gn.Maddah, Kelurahan Dalpenang dan Rongtengah dengan ketinggian berkisar 50 Cm s/d 100 Cm.

"Jika tidak ada curah hujan tambahan pada hari ini diperkirakan air akan surut sore hari sekitar pukul 16.00 WIB," lanjutnya.

Dilaporkan tidak ada korban jiwa. Akibat banjir ini akses jalan dari Kota Sampang ke arah Kecamatan Omben sementara ditutup.

BPBD Kabupaten Sampang bersama unsur terkait melakukan penanganan darurat. Belum ada pengungsian.

Sutopo juga mengimbau kepada masyarakat  untuk hati-hati karena diperkirakan selama mudik lebaran dan mudik hujan masih tinggi khususnya di Jawa.

"Waspadai jalan licin, banjir, longsor dan pohon tumbang. Selalu cermati kondisi cuaca setempat. Jika lelah sebaiknya istirahat di tempat yang aman," katanya.
Tag : banjir
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top