Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tantang PBB, Korut Kembali Lakukan Uji Coba Rudal Musudan

Korea Utara (Korut) hari ini melakukan uji coba rudal jarak menengah jenis terbaru, namun setidaknya satu rudal gagal meluncur, menurut laporan Kementerian Pertahanan Korea Selatan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 22 Juni 2016  |  12:04 WIB
Roket jarak-jauh milik Korea Utara diluncurkan ke udara dalam foto yang diambli dari rekaman video KRT, dan disiarkan oleh Yonhap, Minggu (7/2) - Reuters
Roket jarak-jauh milik Korea Utara diluncurkan ke udara dalam foto yang diambli dari rekaman video KRT, dan disiarkan oleh Yonhap, Minggu (7/2) - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Korea Utara (Korut) hari ini melakukan uji coba rudal jarak menengah jenis terbaru, namun setidaknya satu rudal gagal meluncur, menurut laporan Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Uji coba pertama dilakukan sebelum pukul 06:00 waktu setempat, namun gagal meluncur meski tidak dijelaskan apa penyebab kegagalan itu. Dua jam kemudian rudal kembali diluncurkan dari lokasi yang sama di pantai timur.

Kedua rudal jenis Musudan itu mampu mencapai pangkalan Amerika Serikat hingga wilayah Guam. Sebelumnya Korut gagal meluncurkan empat rudal Musudan selama tahun ini.

Resolusi PBB melarang negara itu menggunakan teknologi rudal balistik yang dikeluarkan beberapa jam sebelum peluncuran tersebut. Pentagon mengeluarkan peringatan keras atas setiap uji coba rudal yang dilakukan Korut sebagimana dikutip channelnewsasia.com, Rabu (22/6/2016).

Dalam sebuah pernyataan, Kementrian Pertahanan Korsel menegaskan bahwa uji coba itu merupakan bentuk pelanggaran atas resolusi PBB. Sedangkan PM Jepang Shinzo Abe mengatakan tindakan Korut tidak bisa ditolerir.

Rudal Musudan mampu mencapai jarak jelajah hingga 4.000 kilometer. Sedangkan jarak terpendek bisa mencapai seluruh wilayah Korea dan Jepang dan yang lebih canggih bisa mencapai Guam, AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korsel rudal

Sumber : channelnewsasia.com

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top