Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Kucurkan Investasi US$200 juta di Banten

Setelah melalui proses pembahasan hingga setahun lamanya, Australia dan Pemerintah Provinsi Banten segera merealisasikan rencana pembangunan pelabuhan khusus sapi di Pelabuhan Bojonegara pada tahun ini.
ilustrasi
ilustrasi

Kabar24.com, TANGERANG—Setelah melalui proses pembahasan hingga setahun lamanya, Australia dan Pemerintah Provinsi Banten segera merealisasikan rencana pembangunan pelabuhan khusus sapi di Pelabuhan Bojonegara pada tahun ini.

Nantinya, pelabuhan tersebut akan dikelola oleh Australia National Port Corporation Limited (NPCL) dan PT Pelindo II (Persero). Dalam hal ini, Pemprov Banten  akan berperan untuk mempermudah perizinan dan akses lainnya.

“Kerja sama ini sudah lama sehingga kami juga ingin mempercepatnya. Kami menargetkan November tahun ini perjanjian kontrak sudah ditandatangani sehingga proses konstruksi bisa langsung dimulai,” ucap Kepala BKPMT Banten Babar Suharso kepada Bisnis, Selasa (7/6).

Dirinya menyebut investasi dari perusahaan Australia tersebut mencapai US$200 juta  dan ditargetkan dapat rampung pada kurun satu hingga dua tahun mendatang. Pada saat ini, Pelabuhan Bojonegara masih difungsikan sebagai pelabuhan kargo yang membawa produk curah cair dan bahan galian.

Padahal, pelabuhan yang sudah diresmikan sejak 2002 didesain menjadi pelabuhan internasional dengan fungsi beragam mulai dari kargo, penumpang, dan ternak. Babar menjelaskan pelabuhan khusus ternak tersebut membutuhkan 100-200 hektar dari luas Pelabuhan Bojonegara yang mencapai 500 hektar.

“Rencana ini sesuai dengan peruntukan Pelabuhan Bojonegara sebagai pelabuhan internasional. Kami mengharapkan pelabuhan khusus ternak dapat menjadi gerbang utama ekspor antara Australia dan Banten,” ujarnya.

Menurutnya, kerja sama pembangunan pelabuhan antara Indonesia dengan Australia tersebut hanya pembuka bagi investasi lainnya yang akan melibatkan Negeri Kanguru tersebut. Dalam jangka panjang, Pemrov Banten dan Australian akan segera menandatangani kerja sama untuk produk galangan kapal, gandum, dan lobster.

Untuk memperlancar kerja sama itu, Pemprov Banten akan menunjuk BUMD Banten yakni PT Banten Global Development sebagai pengelola kawasan pergudangan di sekitar Pelabuhan Bojonegara, Serang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper