Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perpanjangan Masa Jabatan Kapolri: Presiden Diminta Jelaskan Kecakapan Khusus Badrodin Haiti

Meski mempersilakan Presiden memperpanjang masa jabatan Badrodin Haiti, politisi PAN meminta agar kecakapan khusus yang dimiliki Kapolri saat ini dijelaskan kepada anggota dewan.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 24 Mei 2016  |  13:49 WIB
Perpanjangan Masa Jabatan Kapolri: Presiden Diminta Jelaskan Kecakapan Khusus Badrodin Haiti
Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti (kanan) - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Meski mempersilakan Presiden memperpanjang masa jabatan Badrodin Haiti, politisi PAN meminta agar kecakapan khusus yang dimiliki Kapolri saat ini dijelaskan kepada anggota dewan.

Seperti diketahui, wakil ketua komisi III Mulfachri Harahap menuturkan Presiden diperbolehkan untuk memperpanjang masa jabatan Kapolri jika yang bersangkutan memiliki kualifikasi atau kecakapan khusus.

“Dalam undnag-undang, Presiden boleh memperpanjang masa dinas seorang Polri, termasuk Kapolri tentunya sampai satu kali masa perpanjangan. Jadi, umur 58 tahun masih bisa diperpanjang dengan catatan yang bersangkutan memiliki kualifikasi atau kecakapan yang bersifat khusus,” ujar wakil ketua umum PAN itu saat ditemui di Kompleks Parlemen, Selasa (24/5/2016).

Masih menurut pemaparan politisi PAN tersebut, Presiden harus menjelaskan apa yang dimaksud dengan kecakapan yang bersifat khusus.

“Saya kira soal kualifikasi yang bersifat khusus ini sesuatu yang debatable juga, Tolong jelaskan apa yang dimaksud dengan kecakapan khusus yang dimiliki oleh yang bersangkutan. Kembali lagi kepada Presiden, kalau memang Presiden menganggap tidak ada perwira tinggi lain yang dapat menggantikan Kapolri , Ya silakan,” tukasnya.

Pun demikian, Mulfachri menganggap bahwa sebenarnya dalam kepolisian RI masih banyak sejumlah perwira yang dianggap mampu untuk menggantikan posisi Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

“Namun di luar itu, saya melihat sesungguhnya di tubuh Polri kita sekarang ini ada sejumlah perwira tinggi yang juga memiliki kualifikasi kompetensi dan kecakapan untuk memimpin Polri kita ini,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapolri badrodin haiti
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top