Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagir Manan: Demokrasi Tanpa Kebebasan Pers Adalah Omong Kosong

Mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan menerima anugerah Lifetime Achievement dari Rakyat Merdeka Online yang diserahkan dalam ajang Malam Budaya Manusia Bintang RMOL 2016.
Ketua Dewan Pers Bagir Manan. /Bisnis.com
Ketua Dewan Pers Bagir Manan. /Bisnis.com

Kabar24.com, PALEMBANG - Mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan menerima anugerah Lifetime Achievement dari Rakyat Merdeka Online yang diserahkan dalam ajang Malam Budaya Manusia Bintang RMOL 2016.

Bagir dinilai mampu menjaga kebebasan pers nasional selama memimpin Dewan Pers selama dua periode 2010-2013 dan 2013-2016.

"Demokrasi adalah unsur penting dan pers adalah salah satu pilarnya. Demokrasi tanpa kebebasan pers adalah omong kosong, " katanya dalam pidato singkat seusai menerima anugerah Lifetime Achievement dalam acara Malam Budaya Manusia Bintang 2016 yang digelar kantor Berita politik RMOL di Hotel Horizon Ultima Palembang, Jumat (20/5/2016) malam.

Teguh Sentosa, CEO RMOL Group, menyatakan ajang kali ini sekaligus merayakan Hari Kebangkitan Nasional serta Pers nasional yang punya peranan penting menjaga demokrasi.

Dalam acara yang dihadiri Gubernur Sumsel Alex Noerdin, sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jokowi - Jusuf Kalla juga meraih penghargaan Democracy Awards. Mereka adalah Menhub Ignasius Jonan, Menko Bidang Pembangunan Manusia san Kebudayaan Indonesia Puan Maharani, Menkopolhukam Luhut B Panjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menaker Hanif Dhakiri.

Menhub Ignasius Jonan dalam pidatonya menyatakan kaget dengan penetapan dirinya meraih Democracy Awards. "Apakah pantas saya menerima penghargaan ini. Saya sampai sekarang lebih dikenal sebagai orang kereta api ketimbang Menhub," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper