Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EGYPTAIR HILANG: HIDUP Terlalu MURAH

Di bandara Kairo, seorang pria duduk di sofa kulit coklat menangis dengan tangan menutupi wajahnya. Berapa lama Mesir akan hidup jika nyawa manusia begitu murah? dia berkata.
Pesawat komerisal Jet EgyptAir yang membawa 66 penumpang dan awak dari Paris ke Kairo dan menghilang dari radar di atas Mediterania, Kamis (19/5/2016)./REUTERS
Pesawat komerisal Jet EgyptAir yang membawa 66 penumpang dan awak dari Paris ke Kairo dan menghilang dari radar di atas Mediterania, Kamis (19/5/2016)./REUTERS

Bisnis.com, KAIRO - Di bandara Kairo, seorang pria duduk di sofa kulit coklat menangis dengan tangan menutupi wajahnya. "Berapa lama Mesir akan hidup jika nyawa manusia begitu murah?" dia berkata.

Ibu dari seorang pramugari bergegas keluar dari ruang VIP di mana keluarga menunggu, menangis. Dia mengatakan terakhir kali putrinya memanggilnya adalah Rabu malam. "Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada kami," katanya.

Beberapa kerabat mencoba untuk memukul seorang fotografer yang bekerja untuk EgyptAir yang mengambil beberapa gambar dari keluarga yang menunggu di aula. Para pejabat keamanan turun tangan dan mengawalnya keluar.

Dengan situs arkeologi dan resor Laut Merah, Mesir adalah tujuan tradisional untuk turis Barat. Namun, industri telah terpukul oleh jatuhnya sebuah pesawat Metrojet Rusia pada Oktober lalu, di mana semua 224 orang di dalamnya tewas,  pemberontakan Islamis dan serangkaian serangan bom.

A320 biasanya 150 kursi, yang berarti pesawat EgyptAir itu hampir penuh.

Pengendali lalu lintas udara Yunani berbicara kepada pilot saat jet terbang di atas pulau Kea, yang dianggap siaran terakhir dari pesawat itu, dan tidak ada masalah yang dilaporkan.

Tapi menjelang serah terima ke pengendali Mesir, panggilan ke pesawat itu tak terjawab.

"Sekitar tujuh mil sebelum pesawat memasuki wilayah udara Kairo, pengendali Yunani mencoba untuk menghubungi pilot tapi ia tidak menanggapi," kata Kostas Litzerakis, kepala departemen penerbangan sipil Yunani. Tak lama setelah keluar wilayah udara Yunani, [pesawat] itu menghilang dari radar, katanya.

Di Paris, sumber polisi mengatakan para penyelidik sedang mewawancarai petugas yang bertugas di bandara Roissy pada Rabu malam untuk mencari tahu apakah mereka mendengar atau melihat sesuatu yang mencurigakan. "Kami berada dalam tahap awal di sini," kata sumber itu.

Airbus mengatakan A320 yang hilang disampaikan ke EgyptAir pada  November 2003 dan telah beroperasi sekitar 48.000 jam terbang. Pilot pesawat yang hilang telah mencatat hingga 6.275 jam pengalaman terbang, termasuk 2.101 jam pada A320, sementara perwira pertama memiliki 2.766 jam, kata EgyptAir.

Adam Schiff, dari Demokrat atas Komite Intelijen AS Rumah, mengatakan tidak ada kesimpulan yang bisa ditarik, belum tapi terorisme adalah penyebab yang sangat mungkin.

"Jika terorisme memang penyebabnya, itu akan mengungkapkan tingkat yang baru dari kerentanan terhadap pesawat - tidak hanya dari orang-orang penerbangan yang berasal di Timur Tengah, tetapi untuk mereka yang berangkat dari jantung Eropa dan dengan, setidaknya dalam teori, pertahanan bandara yang jauh lebih baik,"katanya.

Negara-negara lain yang ditawarkan untuk membantu dalam penyelidikan, termasuk Amerika Serikat, di mana pembuat mesin Pratt & Whitney menjadi dasar.

Rusia dan pemerintah Barat telah mengatakan pesawat Metrojet yang jatuh pada 31 Oktober mungkin dibawa turun oleh bom, dan kelompok militan Negara Islam mengatakan telah menyelundupkan bahan peledak di papan.

Kecelakaan yang dikenal pertanyaan kampanye Mesir yang mengandung kekerasan Islam. Presiden militan telah meningkatkan serangan terhadap tentara Mesir dan polisi sejak Sisi, saat itu menjabat sebagai panglima militer, menggulingkan terpilih Mohamed Mursi, seorang Islamis, pada  2013 setelah protes massa terhadap pemerintahannya.

Pada Maret, sebuah pesawat EgyptAir terbang dari Alexandria ke Kairo dibajak dan dipaksa mendarat di Siprus oleh seorang pria dengan –yang kata pihak berwenang-- sabuk bunuh diri palsu. Dia ditangkap setelah menyerahkan diri.

EgyptAir memiliki armada 57 Airbus dan Boeing jet, termasuk 15 dari keluarga Airbus A320 pesawat, menurut airfleets.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper