Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INSTITUT PRANCIS INDONESIA: Jumat, Gelar Diskusi Arsitektur. Desain Sodetan Ciliwung Disorot

Institut Prancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Rujak Center for Urban Studies menggelar diskusi publik bertajuk Arsitektur Masa Depan: Desain Ekologis untuk Kota Ekologis di Auditorium IFI Jakarta pukul 13.30, pada Jumat (20/5/2016)
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 18 Mei 2016  |  12:29 WIB
INSTITUT PRANCIS INDONESIA: Jumat, Gelar Diskusi Arsitektur. Desain Sodetan Ciliwung Disorot
Pembangunan Sodetan Ciliwung - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Prancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Rujak Center for Urban Studies menggelar diskusi publik bertajuk Arsitektur Masa Depan: Desain Ekologis untuk Kota Ekologis di Auditorium IFI Jakarta pukul 13.30, pada Jumat (20/5/2016).

Diskusi tersebut merupakan rangkaian Festival Printemps Francais 2016. Diskusi tentang arsitektur akan diarahkan pada tantangan dalam inovasi arsitektural dan penataan ruang publik di perkotaan.

Arsitek Rujak Center for Urban Studies, Andesh Tomo, menuturkan inovasi arsitektural yang terjadi di Jakarta kini lebih menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur fisik. Namun, sangat miskin dalam hal inovasi nilai dan metode belajar yang terkait infrastruktur sosial budaya, termasuk desain.

Sebagai contoh, ada inovasi besar dalam membuat struktur baja dan beton, tetapi Jakarta justru masih menerapkan pembangunan dinding beton pembatas sungai yang justru berdampak serius terhadap ikatan sosial dan fungsional antara warga pesisir sungai dengan sungainya.

"Pembangunan kota seringkali menjauhkan manusia dari kotanya sendiri," tuturnya seperti dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Akan hadir pembicara dalam diskusi tersebut diantaranya, arsitek muda Prancis pemenang AJAP (kompetisi arsitek muda Prancis) Ludovic Malbet, Direktur Rujak Center for Urban Studies Marco Kusumawijaya, penulis dan arsitek Avianti Armand, dan Atase Budaya Kedubes Prancis Didier Vuillecot.

Dalam presentasinya, Ludovic Malbet akan memaparkan proyek yang memenangkan AJAP yakni, La Maison Fertile (Rumah Nan Subur) dan La Ville Invisible (Kota Yang Tak Terlihat). La Ville Invisible berisi studi kasus warisan dunia di Brasil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arsitektur DISKUSI PAKAR
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top