Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wali Kota Jambi Presentasikan Smart City dan Pengelolaan Sampah di New Delhi

Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjadi nara sumber pada South Asian Cities Summit 2016 yang mengangkat tema Smart Cities - Aspiration and Challenges.
Wali kota Jambi saat mempresentasikan smart city di New Delhi/dokumentasi
Wali kota Jambi saat mempresentasikan smart city di New Delhi/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA- Wali Kota Jambi Syarif Fasha menjadi nara sumber pada South Asian Cities Summit 2016 yang mengangkat tema Smart Cities - Aspiration and Challenges. South Asian Cities Summit 2016, berlangsung dari tanggal 6 hingga 7 Mei 2016 di The Ashok Hotel Chanakyapuri, New Delhi tersebut diikuti lebih dari 500 peserta dari berbagai negara South Asia seperti China, Thaiwan, Singapore, Malaysia, Jepang, Rusia, New Zealand, Nepal, Bhutan, Maldives, termasuk Indonesia.

Kota Jambi menjadi perwakilan delegasi Indonesia bersama DKI Jakarta, dan Kota Tanggerang Selatan. Wali Kota Jambi Syarif Fasha memaparkan tentang Urban Transformation Requisite Empowered Leadership dan Smart City Concept di Kota Jambi.

Fasha juga mempresentasikan model pengolahan sampah modern dengan konsep Sanitary Landfill yang dibangun atas kerjasama Kreditanstalt fur Wiederbau (Bank Pembangunan Jerman). Selain itu Fasha juga memaparkan program inovasi pemberdayaan masyarakat seperti Kampung Bantar, Bangkit Berdaya dan Waste Bank (Bank Sampah).

Fasha mengatakan keikutsertaannya mewakili delegasi Indonesia bermanfaat dalam membangun Kota Jambi. Selain semakin dikenal didunia global, komunikasi dengan kota-kota yang telah maju di dunia internasional akan membangun kolaborasi dan kerjasama mempercepat pembangunan Kota. "Dengan mengikuti South Asian Cities Summit 2016 Kota Jambi bisa lebih dikenal di dunia internasional, selain itu juga dalam forum tersebut kota-kota yang sudah maju berbagi kepada kota berkembang," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com.

Sementara itu kepala Bappeda Kota Jambi DR. Donie Iskandar mengatakan forum juga melahirkan beberapa formulasi guna memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan kepada masyarakat melalui pengembangan Smart City.

Dalam kunjungan kerja tersebut Wali Kota Syarif Fasha sempat mengunjungi KBRI di New Delhi. Dalam pertemuan yang berlangsung di Wisma Indonesia, Dubes RI Rizali Wilmar Indrakesuma mengapresiasi kunjungan dan keikutsertaan Pemerintah Kota Jambi dalam South Asian Cities Summit.

Dubes didampingi Sekretaris I Bidang Ekonomi KBRI juga membicarakan rencana pertemuan produsen Indonesia dan buyer India di KBRI. Kota Jambi akan diundang dalam pertemuan tersebut. Ini menjadi peluang bagi Kota Jambi mengingat India merupakan produsen dan pasar besar di Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper