EKONOMI EROPA: Indeks Manufaktur Zona Euro Naik Tipis

Market Economics hari ini menyatakan Purchasing Managers Index (PMI) sektor manufakur di zona euro meningkat ke level 51,7 pada April
Aprianto Cahyo Nugroho | 02 Mei 2016 16:14 WIB

Kabar24.com, JAKARTA –Aktivitas manufaktur di eropa meningkat tipis karena estimasi ekspansi industri di Jerman, Italia, Spanyol diimbangi oleh kontraksi di Prancis.

Markit Economics hari ini menyatakan Purchasing Managers’ Index (PMI) sektor manufakur di zona euro meningkat ke level 51,7 pada April, sedikit lebih tinggi dari posisi di bulan Maret yang mencapai 51,6 dan estimasi sebelumnya 51,5.

Nilai indeks di atas 50 menunjukkan adanya pertumbuhan pada aktivitas manufaktur.

Menurut Presiden bank sentral Eropa Mario Draghi, perekonomian di zona euro sedang ada dalam fase pemulihan yang moderat.

Data pekan lalu menunjukkan ekspansi meningkat 0,6% di kuartal I. Data manufaktur menunjukkan bahwa penurunan harga mereda pada bulan April.

“PMI kini naik selama dua bulan berturut-turut, tetapi hanya naik tipis dari perkiraan di awal tahun,: kata kepala ekonom Markit Chris Williamson kepada Bloomberg.

Chris mengatakan bahwa Perancis tetap menjadi "perhatian utama." Indeks pabrik negara tersehut turun menjadi 48 bulan lalu dari posisi sebelumnya 49,6.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekonomi eropa, indeks manufaktur

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top