Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seribu Narapidana Dipindah ke Rutan Cilodong Depok

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan memindahkan ribuan narapidana ke rumah tahanan yang berada di kawasan penyangga Jakarta sebagai tindaklanjut dari over kapasitas rutan di Tanah Air.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, DEPOK- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan memindahkan ribuan narapidana ke rumah tahanan yang berada di kawasan penyangga Jakarta sebagai tindaklanjut dari over kapasitas rutan di Tanah Air.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan, saat ini pihaknya sudah mencatat tiga rutan yang ada di Cilodong Depok, Gunung Sindur Kabupaten Bogor dan rutan di Cikarang sebagai lokasi pemindahan penghuni rutan.

"Di tiga rutan itu kan masih banyak yang kosong, jadi untuk mencegah terus membludaknya narapidana di rutan lain kami akan lakukan pemindahan ke rutan yang masih berdekatan dengan Jakarta," ujarnya saat mengunjungi rutan Cilodong Depok, Selasa (19/4/2016).

Dia memberi contoh, sekitar 1.000 narapidana dalam waktu dekat akan dipindahkan ke rutan Cilodong Depok yang saat ini masih dihuni oleh 25 narapidana seiring rutan tersebut tergolong masih baru yang dibangun sekitar 2010.

Menurutnya, pemindahan narapidana merupakan upaya pemerintah untuk memanusiakan penghuni lapas yang saat ini tidak bisa tertampung lagi akibat terlalu banyaknya tahanan di penjara.

Pihaknya akan meningkatkan pengamanan dan penambahan sumber daya manusia seiring kondisi para petugas rumah tahanan dinilai masih sedikit.

"Persoalannya apabila narapidana dipindahkan, maka rutan yang bersangkutan harus siap segalanya, mulai dari fisik bangunan hingga petugasnya," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper