Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TMII Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk Dalang Ki Anom Suroto

Kabar menyenangkan bagi para pecinta wayang kulit di Jakarta dan daerah sekitarnya dari Taman Mini Indonesia Indah yang akan menggelar pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Anom Suroto.
Ilustrasi/Jibiphoto-Sunaryo Haryo Bayu
Ilustrasi/Jibiphoto-Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, JAKARTA-Kabar menyenangkan bagi para pecinta wayang kulit di Jakarta dan daerah sekitarnya dari Taman Mini Indonesia Indah yang akan menggelar pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Anom Suroto.

Pertunjukan wayang kulit kolaborasi antara Ki Anom Suroto dan dalang Ki Bayu Aji di panggung Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta pada Sabtu (16/4/2016) mulai pukul 19.00 WIB itu menyajikan lakon Gatotkoco Sroyo.

Adapun kisah wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Gatotkoco Sroyo diantaranya bahwa di Kayangan Suralaya, Batara Guru, rajanya para dewa sedang diguncang kecemasan luar biasa.

Tahta singgasana kerajaannya sedang diancam oleh musuh Prabu Kolopracona, raja raksasa dari Gilingwesi.

Maka diutuslah seorang panglima besar Gilingwesi, Mahapatih Sekipu untuk menggempur kayangan Suralaya yang terkenal tak terjamah oleh siapapun tersebut.

Tak satu pun para putra dewa yang terkenal dengan kesaktiannya dapat mengalahkan Patih Sekipu. Sehingga Batara Indra, Batara Brama, Batara Bayu, Yomodipati dapat ditaklukkan oleh Sekipu.

Batara Guru semakin tidak terkendali dalam mempertaruhkan tahtanya, dan atas inisiatif Batara Narada sejenak turun dari kayangan untuk minta tolong kepada para Pandhawa Ksatria Arcapada.

Namu, tidak satupun dari para Pandhawa tersebut yang mampu menahan gempuran pasukan Sekipu. Maka dipilihlah putra Pandhawa anak Bima Sang Gatotkaca sebagai Sroyo maju di medan laga sebagai senopati para dewa.

Ternyata Gatotkacalah yang mampu menyingkap kabut tebal yang menyelimuti kayangan Suralaya. Sang Gatotkaca memecahkan kepala raja besar Gilingwesi. Prabu Kalapracona.

Untulah Gatotkaca dianugerahi oleh Batara Guru dengan tambahan nama Raden Guritno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper