Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kanwil Ditjen Pajak Jabar I Tes Urine Narkoba

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I melakukan pemeriksaan atau tes urine terhadap pegawainya secara mendadak bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Bandung.

Bisnis.com, BANDUNG—Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I melakukan pemeriksaan atau tes urine terhadap pegawainya secara mendadak bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Bandung.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jabar I Yoyok Satiotomo mengatakan pihaknya mendukung Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk membuktikan kantornya bebas dan bersih dari penyalahgunaan narkotika.

“Hari ini semua pegawai Kanwil DJP Jabar I melakukan tes urine. Sebanyak 119 orang semua hadir. Hari ini di kanwil mungkin nanti di KKP. [Tes urine] Ini permintaan dari Dirjen Pajak,” katanya selepas mengikuti tes urine di kantornya, Selasa (12/4/2016).

Dia mengungkapkan, jika nantinya diketahui pegawainya positif menyalahgunakan narkotika, akan dilakukan tindakan lanjutan, salah satunya dalam bentuk rehabilitasi. Langkah yang dilakukannya, dimaksudkan agar pelayanan pajak kepada masyarakat bisa optimal.

Pegawai di Kanwil DJP Jabar I tidak diberikan informasi soal rencana dilakukannya tes urine tersebut. Salah satu pegawai hanya mengetahui hari ini ada rapat pembinaan bagi seluruh pegawai.

“Saya saja tahunya dadakan. Sebelumnya tidak ada bakal ada tes urine,” kata Slamet, salah satu pegawai di lingkungan Kanwil DJP Jabar I.

Kepala BNN Kota Bandung Yeni Siti Saodah menyatakan permintaan untuk melakukan tes urine di Kanwil DJP Jabar I merupakan contoh proaktif dari lembaga atau institusi pemerintah untuk memastikan tidak adanya penggunaan narkoba.

“Di dalam kegiatan tes urine ini, ada beberapa tempat yang kami sambangi, yang kami datangi seperti kost dan tempat hiburan. Itu secara intens kami lakukan. Tetapi ada beberapa instansi yang proaktif meminta kepada kami,” tuturnya.

Selain DJP Kanwil Jabar I, BNN Kota Bandung telah bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut, serta Pemerintah Kota Bandung untuk melakukan tes urine para aparatur sipil negara (ASN) dari mulai tingkat dinas, hingga kecamatan dan kelurahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper