Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MPR: Kepala Daerah Tak Perhatikan Pendidikan Karakter Bangsa

Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai saat ini banyak kepala daerah yang melupakan pendidikan karakter bangsa dan sebagin menilai Pancasila merupakan nilai-nilai yang sudah usang.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 28 Maret 2016  |  15:15 WIB
Zulkifli Hasan.  - Antara
Zulkifli Hasan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai saat ini banyak kepala daerah yang melupakan pendidikan karakter bangsa dan sebagin menilai Pancasila merupakan nilai-nilai yang sudah usang.

"Saat ini banyak kepala daerah yang melupakan pendidikan karakter bangsa. Mereka tidak memikirkan persoalan tersebut, apalagi berkontribusi dalam mempertahankan keutuhan karakternya," ujar Zulkifli pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kota Bogor, Senin (28/3/2016).

Menurutnya, lemahnya karakter bangsa yang ditandai rendahnya pemahanan terhadap Empat Pilar bernegara seperti UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bisa mengancam keutuhan negara.

Sebagian kepala daerah menganggap Pancasila merupakan milik orang-orang tua dan menyosialisasikan Pancasila merupakan tugas MPR saja. Karena itulah mereka tidak memikirkan soal jati diri dan karakter bangsa sehingga tidak jarang terjadi penghinaan pada simbol negara.

"Karena itulah, kemudian muncul penghinaan terhadap simbol-simbol negara oleh anak bangsa Indonesia sendiri. Itu menjadi bukti bahwa Pancasila memang perlu disosialisasikan," kata Zulkifli menambahkan.

Karena itu, Zulkifli berharap Pancasila dan pendidikan karakter bangsa menjadi perhatian semua kalangan. Terlebih para kepala daerah, baik bupati, wali kota, maupun gubernur.

Zulkifli juga meyakini pendidikan karakter bangsa akan mampu menangkal potensi aksi terorisme sebagaimana yang terjadi sejumlah negara lain. Begitu juga dengan ancaman narkoba dan korupsi yang tidak kalahnya membahayakan kelangsungan hidup berbangsa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mpr pancasila
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top