Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KPK Bantu Rekrutmen Kader Partai Politik

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membantu partai politik untuk proses rekrutmen kader, kode etik, dan pendanaan.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 23 Maret 2016  |  09:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membantu partai politik untuk proses rekrutmen kader, kode etik, dan pendanaan. Hal itu dilakukan sebagai bagian mereka untuk menciptakan ruang demokrasi yang lebih bersih.

"Kalau pencegahan secara spesifik terkait money politic belum, cuma untuk sementara langkah itu yang akan kami tempuh," ujar Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Rabu (23/3/2016).

Pahala menambahkan dalam konteks tersebut lembaga antirasuah tidak mau mencampuri urusan Pemerintah Daerah dan Kementerian Dalam Negeri. "Money politic itu ranahnya UU Pilkada, bukan UU Tipikor," tandas dia.

Sebelumnya, KPK menyatakan akan melakukan pengawasan setiap proses politik pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Komisioner KPK, Saut Situmorang belum lama ini bahkan menyatakan lembaga antirasuah tersebut akan mengawasi setiap proses politik di semua tingkatan.

Dalam pengawasan tersebut, KPK juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk membantu dalam mengawasi setiap perhelatan politik tersebut. Dia juga berharap dengan cara tersebut, kualitas politik di Indonesia jauh lebih baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpk partai
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top