Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Janji Tak Ada Lagi Penumpang Gelap Kuota Haji

Kementerian Agama memastikan tidak akan ada lagi penumpang gelap yang memanfatakan kuota haji pada penyelenggaraan ibadah haji.
Ibadah haji/Ilustrasi
Ibadah haji/Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Agama memastikan tidak akan ada lagi penumpang gelap yang memanfatakan kuota haji pada penyelenggaraan ibadah haji.

Nur Aliya Fitra, Kasubdit Pendaftaran Haji Kementerian Agama, mengatakan pemerintah memastikan kuota jemaah haji hanya dapat digunakan oleh orang yang berhak mendapatkannya.

“Pemerintah menetapkan proses penentuan jemaah yang berhak melunasi berdasarkan data base Siskohat. Jadi jemaah yang tidak sesuai persyaratan tak akan dipanggil untuk melakukan Pelunasan,” katanya di Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Nur menuturkan sistem yang terkomputerisasi itu sudah tidak memungkinkan adanya campur tangan manusia dalam penentuan urutan keberangkatan. Dengan begitu, tidak ada lagi pihak yang memanfaatkan kuota haji untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya.

Selain memberikan kepastian penggunaan kuota jemaah haji, Kemnterian Agama juga membuat kebijakan untuk memprioritaskan jemaah lanjut usia. Pelunasan haji reguler tahap kedua diberikan kepada lanjut usia minimal 75 tahun, dan penggabungan mahram secara prosedural.

Untuk mendapatkan fasilitas itu, Jemaah lansia harus mengajukan permohonan melalui Kantor Kementerian Agama di kabupaten atau kota. Permohonan itu akan diteruskan ke Kantor Wilayah Kemenag Provinsi.

Pengisian kuota jemaah haji khusus juga akan diterapkan dengan kebijakan yang tegas, agar memberikan kepastian keberangkatan dan jaminan keadilan bagi jemaah hang sudah mendapatkan nomor pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper