Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIPI Gelar Kompetisi Ilmiah 2016, Ini rinciannya

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama British Council dan Intel Indonesia akan kembali menggelar Lomba Karya Ilmiah (LKIR) ke-48 dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-9 periode 2016.n
Lemba Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/Antara
Lemba Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama British Council dan Intel Indonesia akan kembali menggelar Lomba Karya Ilmiah (LKIR) ke-48 dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-9 periode 2016.

Sekretaris Utama LIPI Siti Nuramaliati Prijono menuturkan penyelenggaraan kompetisi ilmiah seperti LKIR dan NYIA yang menyasar kalangan pemuda ini bertujuan menumbuhkan peneliti andal serta mampu menjadi motor pembangunan bangsa.

Kedua kompetisi ilmiah tersebut, sambungnya, merupakan sarana menjaring bakat muda untuk berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi lagi, seperti Intel International Science and Engineering Fair (IISEF) di Amerika Serikat,  Edinburgh International Science Inventors (IEYI) di Hong Kong, serta  Asean Student Science Project Competition di Thailand bagi pemenang NYIA.

Hasil penelitian akan dibagi dalam beberapa kategori, seperti bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH), Ilmu Pengatahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Teknik dan Informatika (IPT), serta Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim (IPK).

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Laksana Tri Handoko selaku ketua dewan juri kompetisi ilmiah menuturkan, pada 2015 jumlah proposal yang dilombakan naik dari 1.700-an menjadi 2.041 proposal dan 600 usulan karya inovas remaja.

"Tahun ini kami targetkan setidaknya ada 2.000 proposal LKIR yang masuk dan 800 usulan karya desain dan prototype," tuturnya melalui siaran pers, Jumat (4/3/2016).

Rangkaian kompetisi ilmiah LIPI akan berlangsung pada 22-26 Agustus 2016 mendatang. Untuk pendaftaran, Anda bisa mengunjungi situs www.infokompetisi.lipi.go.id paling lambat 1 April 2016 untuk LKIR dan 11 Juli 2016 untuk NYIA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper