Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekanbaru Kembangkan Kota Pintar Dengan Red Rose Program

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru menjadikan Kecamatan Rumbai sebagai proyek percontohan (pilot project) penerapan program kota pintar (smart city). Kecataman Rumbai saat ini menerapkan sistem komputerisasi yang mampu memberikan informasi secara merinci mengenai seluk beluk kecamatan dengan nama program dengan Redefine Rumbai Optimizer Smart (Red Rose).
Bandara Sultan Syarif Kasim II/dipenda.pekanbaru.go.id
Bandara Sultan Syarif Kasim II/dipenda.pekanbaru.go.id

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru menjadikan Kecamatan Rumbai sebagai proyek percontohan (pilot project) penerapan program kota pintar (smart city). Kecataman Rumbai saat ini menerapkan sistem komputerisasi yang mampu memberikan informasi secara merinci mengenai seluk beluk kecamatan dengan nama program dengan Redefine Rumbai Optimizer Smart (Red Rose).

Wali Kota Pekanbaru Firdaus dalam keterangan persnya mengatakan pihaknya serius menargetkan program kota pintar (smart city) Pekanbaru dimulai penerapannya pada 2016. Kota pintar, bukan saja di bidang teknologi tetapi masyarakatnya juga harus ikut dan mau mengerti prosesnya, sehingga semua sektor sosial, ekonomi, budaya, dan sebagainya mencerminkan perilaku yang cerdas.

"Ini bukan hanya mimpi tetapi sudah direncanakan sebelumnya. Memang belum bisa dilakukan menyeluruh akibat kesiapan dan ketersediaan sarana. Namun dengan dimulai dari satu Kecamatan Rumbai, Pekanbaru diharapkan bisa berubah," katanya Rabu (24/2).

Menurut Walikota, nantinya di Rumbai akan dibangun sistem linked terhadap semua data kependudukan, mulai dari tingkat RT/RW hingga ke Kecamatan. "Lalu diteruskan ke kantor Walikota, sehingga jika saya ingin mengecek data apa saja tentang Kecamatan Rumbai semua bisa dilihat dari ruangan kantor," terangnya.

Untuk itu, Walikota meminta Bappeda untuk merealisasikan hal ini. Karena tim penanggulangan kemiskinan ada di lembaga tersebut. Diakui Walikota, dipilihnya Rumbai sebagai pilot project, karena data sajian kependudukan yang dimiliki selama ini sudah lebih baik dari kecamatan lain.

Sementara itu, Camat Rumbai, Zulhelmi Arifin, melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Rumbai, Vemi Herliza, menyebutkan Red Rose adalah program besutan Pemerintah Kecamatan Rumbai, yang saat ini sudah mulai menampakan hasil.

Berkat akurasi dan ketepatan Red Rose, tersebut sebanyak 1.000 persil objek pajak berhasil didata dan sudah diserahkan kepada UPTD Dispenda Rumbai. Dijelaskan Vemi, Red Rose merupakan program yang terkomputerisasi yang mampu memberikan informasi secara merinci mengenai seluk beluk Kecamatan Rumbai. "Jadi apa saja tentang Rumbai, bisa ketahui dari Red Rose,” ujarnya.

Dalam tahap awal ini, sambung Vemi, Red Rose sudah mendata banyak hal seperti Objek Wajib pajak. Yang mana lahan yang terkena pajak sebelumnya masih banyak yang belum terdata dan belum dikenakan wajib pajak. Setelah mendapatkan data 1.000 persil wajib pajak, data tersebut kemudian diserahkan kepada Dispenda untuk dikenakan pajak.

"Sekarang kita berhasil mendata 1.000 persil objek. Jika 1 persil pajaknya paling minim Rp200.000 setahun, kalau 1.000 bisa jadi Rp200 Juta,” jelasnya.

Hal tersebut, menurutnya masih awal permulaan. Dan kedepan seluruh objek pajak yang belum terdata selama ini akan bisa diketahui melalui Red Rose. Yang mana jika hal tersebut berhasil diterapkan maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa bertambah. Kedepan, Red Rose akan menjadi program smart city Pekanbaru, yang mana saat ini Kecamatan Rumbai menjadi pilot project smart city tersebut.

Sementara Kepala UPTD Dispenda Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir, Yuherman Nasir membenarkan bahwasanya pihak Kecamatan Rumbai telah menyerahkan 1.000 persil objek pajak. "Ini benar-benar sangat bermanfaat dan sangat membantu. Terlebih untuk mendapatkan data pajak,” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper