Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Tjahjo Perintahkan Anak Buahnya Selesaikan e-KTP

Kementerian Dalam Negeri memerintahkan seluruh jajarannya untuk turun ke lapangan, agar dapat mempercepat penyelesaian pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).
e-KTP/Jibiphoto
e-KTP/Jibiphoto

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri memerintahkan seluruh jajarannya untuk turun ke lapangan, agar dapat mempercepat penyelesaian pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, mengatakan dirinya telah memerintahkan seluruh dinas kependudukan dan catatan sipil untuk turun ke lapangan menyelesaikan pembuatan e-KTP. Hal itu dilakukan agar pendataan identitas masyarakat menjadi lebih valid.

Kami terus minta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil daerah untuk jemput bola menyelesaikan pembuatan e-KTP masyarakat perdesaan, pinggiran, perbatasan, dan seluruh masyarakat yang sudah memenuhi syarat harus memiliki e-KTP, katanya melalui keterangan resmi, Jumat (29/1/2016).

Tjahjo menuturkan e-KTP memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat saat ini, karena menjadi persyaratan dalam mengurus sejumlah dokumen, seperti pembuatan rekening tabungan, dan asuransi.

Selain itu, pembuatan e-KTP juga diperlukan untuk penyempurnaan data kependudukan dari seluruh masyarakat dengan nomor induk kependudukan tunggal.

Tjahjo juga mengakui hingga kini masih ada sejumlah kekurangan dalam proses pembuatan e-KTP. Hal itu disebabkan oleh terbatasnya sumber daya manusia dan sejumlah fasilitas lainnya.

Kami akui ada keterlambatan. Ada macam-macam masalah, mulai dari blanko, administrasi, hingga sumber daya manusia yang masih kurang. Akan tetapi, ini kedepannya akan terus kami perbaiki, ujarnya.

Dia pun meminta masyarakat memaklumi proses pembuatan e-KTP yang lamban, karena terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper