Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BOM SARINAH: 18 Raja Nusantara Lawan Teroris

Sedikitnya 18 raja se-Nusantara diagendakan akan menggelar deklarasi melawan terorisme di Gedung Manunggal, Kota Makassar, Sabtu (27/1/2016).
Keraton Solo Mangkunegaran/surakarta.go.id
Keraton Solo Mangkunegaran/surakarta.go.id

Kabar24.com, MAKASSAR - Sedikitnya 18 raja se-Nusantara diagendakan akan menggelar deklarasi melawan terorisme di Gedung Manunggal, Kota Makassar, Sabtu (27/1/2016).

Deklarasi itu dirangkaikan dengan penandatanganan prasasti oleh raja se-Nusantara bersama tokoh lintas agama dan pejabat negara. Kegiatan yang diinisiasi oleh Pembela Kesatuan Tanah Air (Pekat) Sulawesi Selatan itu merupakan rangkaian acara pemberian gelar kehormatan buat sejumlah pejabat negara.

Ketua Pekat Sulawesi Selatan, Rustam Usman Esfa, mengatakan kegiatan itu merupakan gagasan anak bangsa dari seluruh komponen, yakni kerajaan, pemerintah, Polri, TNI, dan BNN.

Dalam kegiatan itu, selain penandatanganan prasasti juga dilaksanakan seminar kebangsaan dan musyawarah wilayah Pekat Sulawesi Selatan.

"Kegiatan itu bentuk upaya bela negara," kata Rustam, saat ditemui di sekretariatnya di Benteng Rotterdam, Rabu (20/1/2016).

Rapat perdana persiapan acara tersebut berlangsung di Sekretariat Pekat Sulawesi Selatan dengan melibatkan perwakilan raja dan kepolisian. Hadir dalam rapat itu Raja Tallo ke-19 sekaligus Mangkubumi Kerajaan Gowa, I Paricu Muhammad Akbar Amir Sultan Aliyah Daeng Manaba Karaengta Tanate, dan Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat, Komisaris Besar Frans Barung Mangera.

Sultan Aliyah mengaku ada 18 raja se-Nusantara yang siap menghadiri acara itu. Di antaranya dari Kerajaan Aceh, Kerajaan Lombok, Kerajaan Mempawah (Kalimantan Barat), Kerajaan Sumbawa, Kerajaan Demak, Kerajaan Solo, Kerajaan Bima, Kerajaan Raja Ampat, Kerajaan Blambangan (Jawa Timur), Kerajaan Manado, dan Kerajaan Ternate.

"Kami juga undang Kerajaan dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam," tutur Sultan Aliyah.

Penandatangan prasasti itu, menurut Sultan Aliyah, sebenarnya tidak sebatas melawan terorisme, melainkan juga narkotika dan korupsi. Karena itu, pihaknya mengundang Panglima TNI, Kepala Polri, Kepala BNN, Gubernur Sulawesi, Kepala Polda Sulawesi Selatan dan Barat serta Panglima Kodam VII/Wirabuana.

"Itu merupakan kegiatan pertama di Indonesia yang mengumpulkan raja se-Nusantara dan pejabat negara," ucap dia.

Kerajaan Tallo, menurut Sultan Aliyah, terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk melawan terorisme, narkotika, dan korupsi yang merusak dan membahayakan NKRI.

Dalam agama dan adat istiadat, Sultan Aliyah menyebut aksi terorisme, narkotika dan korupsi, sangat tidak dibenarkan dan bertentangan dengan nilai luhur bangsa Indonesia.

Juru bicara Polda Sulawesi Selatan dan Barat, Komisaris Besar Frans Barung Mangera, mengatakan kepolisian mengapresiasi dan mendukung acara itu yang memiliki tujuan luhur. Terorisme, narkotika, dan korupsi adalah kejahatan besar yang mesti dilawan bersama-sama.

"Yang paling penting dalam kegiatan itu, raja se-Nusantara maupun lingkup Sulawesi Selatan memperlihatkan komitmen melawan kejahatan itu," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper