Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bercanda Bawa Bom di Bandara, Jonan Seret Pelaku ke Meja Hijau

Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan menegaskan, calon penumpang dan pihak manapun yang bercanda mengaku membawa bom di bandara, akan diproses hukum.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 17 Januari 2016  |  11:13 WIB
Bercanda Bawa Bom di Bandara, Jonan Seret Pelaku ke Meja Hijau
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan menegaskan, calon penumpang dan pihak manapun yang bercanda mengaku membawa bom di bandara, akan diproses hukum.

Menteri Perhubungan RI (Menhub) menjelaskan kalau ada candaan bom itu menurut Undang-undang Penerbangan dan aturan terkait itu akan diproses hukum.

Adapun yang bisa memproses orang bersangkutan adalah Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), yang sudah dilatih menyidik semua kegiatan terkait penerbangan.

"Jadi, akan [tetap] diproses," tegas Jonan dalam siaran pers Kemenhub, Sabtu (17/01/2016).

Lebih lanjut, Menhub mempersilakan pengadilan untuk memutuskan sanksi hukuman bagi yang berulah, bercanda mengaku membawa bom.

"Kalau memang ada buktinya, ada saksi, ya diproses sebagaimana mestinya. Tetap diproses sesuai UU Penerbangan," katanya.

Sebagai catatan, sudah banyak kejadian calon penumpang diamankan lantaran bercanda mengaku membawa bom. Contohnya FH (16), pelajar asal Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang diamankan petugas di Bandara Internasional Lombok karena bercanda mengatakan bahwa ada bom di dalam tas temannya.

Terkait upaya peningkatan keamanan sarana transportasi paska bom Thamrin, dia mengatakan bahwa  Kementerian Perhubungan tetap memberlakukan pengamanan bandara yang lebih ketat. Oleh karena itu, pihak Kemenhub belum tahu pasti, kapan status kuning yang diberlakukan di seluruh bandara saat ini, bisa segera dicabut.

"Tidak akan saya cabut, sampai kondisinya itu dilihat lebih kondusif," kata dia," tegasnya.

Dia bahkan menambahkan pihaknya sudah menginstruksikan agar pengamanan di bandara ditingkatkan. Penambahan personel juga dilakukan dengan melibatkan unsur TNI dan Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ignasius jonan Teror Bom Ancaman Bom
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top