Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akbar Tanjung: Daripada Tergesa Dukung Jokowi-JK, Konflik Golkar Diselesaikan Dulu

Akbar Tanjung/Antara
Akbar Tanjung/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan partainya sebaiknya fokus menyelesaikan konflik terlebih dahulu daripada terburu-buru menyatakan sikap menjadi partai pendukung pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Menurut dia, sikap politik itu sebaiknya diputuskan setelah kepengurusan baru terbentuk.

"Prioritas pertama adalah selesaikan masalah internal dulu," kata Akbar saat menghadiri resepsi pernikahan putra Din Syamsudin,  Sabtu (9/1/2015).

Kalaupun nantinya kepengurusan baru mendukung pemerintah, dia yakin semua unsur di Golkar akan mengapresiasinya.‎

Akbar mengaku khawatir jika konflik terus berlarut, perolehan Golkar di Pemilihan Kepala Daerah serentak 2017 akan jeblok. ‎Hasil Pilkada 2015 lalu, kata dia, menjadi salah satu buktinya. Dari 116 calon yang diusung Golkar, hanya 49 pasangan yang menang. Hal ini menurutnya bukan raihan positif.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mencabut surat keputusan tentang kepengurusan Golkar hasil Musyawarah Nasional Ancol kubu Agung Laksono, sebagaimana amanat putusan Mahkamah Agung yang mengembalikan kepengurusan Golkar pada hasil Munas Riau yang habis pada 31 Desember 2015.‎

N‎amun, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan sesuai dengan putusan MA pula, tak ada perintah mengesahkan kepengurusan hasil Munas Bali kubu Aburizal Bakrie.‎‎‎ Dengan begitu, saat ini tak ada kepengurusan Golkar yang memiliki dasar hukum.

Menurut Akbar, berdasarkan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga partai, masalah itu hanya bisa diselesaikan dengan menggelar Munas bersama atau Munas Luar Biasa. "Tapi ini juga tak mudah karena membutuhkan persetujuan dari Dewan Pimpinan Daerah tingkat I," kata Akbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper