Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NATAL 2015: Pendeta di Gereja HKBP Kernolog Jakpus Ajak Umat Bersuka Cita

Gereja HKBP di Kramat IV, Senen, Jakpus./satuharapan.com
Gereja HKBP di Kramat IV, Senen, Jakpus./satuharapan.com

Bisnis.com, JAKARTA – Umat kristiani diajak menjadikan Natal 2015 sebagai momentum untuk mengubur segala duka cita dalam kehidupan sehari-hari, berganti menjadi suka cita.

Itulah pesan yang disampaikan Pendeta R.J. Hutagaol dalam khotbah Kebaktian Malam Natal di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kernolong, Jalan Kramat IV, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (24/12/2015) malam.

Pendeta Hutagaol mengatakan kelahiran Yesus Kristus menjadi penanda bahwa Tuhan ingin hambanya terbebas dari belenggu dosa. Oleh sebab itu, peristiwa 2.000 tahun silam itu seharusnya menjadi kabar gembira dan disambut dengan suka cita.

“Jangan sampai duka cita mengganggu kita lagi. Kita harus lupakan segala kedukaan dalam hidup sehari-hari dan sepulang dari ibadah ini harus penuh dengan suka cita,” ujarnya.

Pada Natal 2015, HKBP Kernolong mengambil tema “Kabar Keselamatan Itu Sudah Disampaikan kepada Kita” yang diambil dari penggalan surat Kisah Para Rasul 13:26 di Kitab Suci Perjanjian Baru.

Kabaktian Malam Natal di Gereja HKBP Kernolong dihadiri sekitar 800 jemaat. Para jemaat sudah menyesaki gereja dua lantai tersebut sebelum kebaktian dimulai pada pukul 18.00 WIB.

Ibadah yang berlangsung dengan menggunakan bahasa Batak Toba itu berlangsung khidmat dan lancar. Para jemaat menyenandungkan lagu puji-pujian dengan semarak, termasuk ketika sesi penyalaan lilin yang diiringi lagu Sonang Ni Borngin Na I (Malam Kudus).

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, aparat kepolisian dari Polsek Senen maupun Satpol PP turut berjaga-jaga di luar gereja. Brigadir Supriyanto, salah seorang aparat kepolisian, mengatakan ada lima personil polisi yang menjaga gereja.

“Sampai sejauh ini aman. Alhamdulillah. Kami juga masih di sini untuk ibadah Natal besok,” katanya selesai kebaktian.

Pada Natal 25 Desember 2015, HKBP Kernolong akan menggelar kebaktian sebanyak tiga sesi yakni pada pukul 07.00 WIB, 10.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Berdasarkan penelusuran informasi, HKBP Kernolong merupakan gereja HKBP pertama di Jakarta yang berdiri pada 20 September 1919. HKBP disebut-sebut sebagai denominasi Kristen Protestan terbesar di Asia dengan sekitar 3 juta jemaat.

Di Indonesia, gereja suku tersebut menjadi ormas keagamaan terbesar ketiga setelah Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper